Kadin sarankan pemerintah verifikasi negara pengimpor

Maikel Jefriando, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2012 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 03 450 658255 9rIrg1A3dQ.jpg Ilustrasi

Sindonews.com - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyarankan pemerintah agar lebih melakukan verifikasi terhadap negara yang menyalurkan impor ke Indonesia. Pasalnya, dengan verifikasi tersebut keseimbangan ekspor dan impor ke negara tersebut bisa dijaga.

Wakil Ketua Umum Kadin, Gunadi Sinduwinata menyebutkan, salah satu negara yang pantas untuk dialihkan impornya adalah Singapura. "Bagaimana mengalihkan posisi impor dari Singapura yang nilainya besar, padahal Singapura nggak punya apa-apa. Kalau misalnya terhadap Jepang mereka punya kekuatan industri yang sangat besar. Jadi harus dicermati," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (3/7/2012).

Hal tersebut, menurutnya juga menyiasati kondisi defisit pada neraca perdagangan yang terjadi di dua bulan terakhir. Selain itu, dia menambahkan, industri kewalahan dalam mencermati sisi harga internasional yang berpengaruh pada harga ekspor.

"Kita terjebak di persaingan yang begitu besar. Kompetitifnes di sisi logistik, karena kalau nggak bisa gitu nanti produk lokal yang menanggung akibatnya, bagaimana bisa bersaing di dunia internasional," pungkasnya. (bro)

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini