Ramadan & Lebaran, Bulog jamin harga beras stabil

Maikel Jefriando, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2012 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 04 450 658679 2vTjzDZiO0.jpg Ilustrasi

Sindonews.com - Perusahaan Umum (Perum) Bulog memastikan harga beras pada bulan Ramadan dan Lebaran akan bergerak stabil. Pasalnya, dilihat dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang tersedia di Bulog adalah sebesar 468 ribu ton.

Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso menuturkan, CBP tersebut akan siap disalurkan Bulog sesuai dengan instruksi pemerintah untuk menjaga kestabilan harga. Jikapun ada kenaikan harga yang dimungkinkan terjadi, berarti hal tersebut lebih disebabkan oleh spekulasi pasar.

"Insya Allah tidak. Karena kalau ada (kenaikan harga) itu berarti lebih disebabkan spekulasi dan kemungkinan yang akan naik adalah beras-beras kualitas premium," ujar Sutarto dalam konferensi pers di Gedung Bulog, Jakarta, Rabu (4/7/2012).

Beras dengan kualitas premium, menurutnya, akan meningkat dari segi permintaan. Maka dari itu paling dimungkinkan saat Ramadan dan Lebaran harga beras premium naik.

"Biasanya beras premium permintaan meningkat bila dibandingkan dengan hari biasa, yang tadi biasa menggunakan beras medium, pada saat puasa menggunakan beras premium pasti karena permintaan, ada kecenderungan (harga) naik," jelasnya.

Dirinya menegaskan, untuk beras dengan kualitas medium maka akan berada pada harga normal. Jika harga yang terjadi pada beras kualitas lain melonjak terlalu tinggi, maka Sutarto menyatakan pihaknya akan siap melaksanakan operasi pasar.

"Kita siap untuk operasi pasar. Aman, tapi jangan terpengaruh dengan isu-isu seperti itu. Stok kita aman pastinya," pungkasnya. (bro)

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini