Indeks kepercayaan konsumen RI kian melejit

(Okezone), Jurnalis · Rabu 04 Juli 2012 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 04 450 658685 vM6fISiIsu.jpg ilustrasi Foto: Corbis

Sindonews.com – Tingkat kepercayaan konsumen Indonesia terus meningkat seiring dengan Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) naik sebesar 1,2 persen menjadi 92,4 dari sebelumnya 91,3. Kenaikan ini membawa IKK mendekati level tertinggi sejak tujuh tahun terakhir, pada Februari 2012 dengan IKK 93,5.

Danareksa Research Institute dalam risetnya mengatakan, menguatnya kepercayaan konsumen ini disebabkan oleh penilaian masyarakat yang lebih baik terhadap keadaan ekonomi nasional maupun lokal saat ini. "Selain itu, masyarakat juga memberikan penilaian yang lebih baik terhadap keadaan lapangan kerja dalam enam bulan mendatang," ungkap Chief Economist Danareksa Research Institute, Purbaya Yudhi Sadewa, dalam riset tersebut, Rabu (4/7/2012).

Purbaya melanjutkan, ada dua komponen utama yang membentuk IKK meningkat pada Juni. Komponen yang menunjukkan keadaan saat ini (Indeks Situasi Sekarang /ISS) naik sebesar 1,0 persen menjadi 77,0 karena konsumen memberikan penilaian yang lebih baik terhadap keadaan ekonomi saat ini. Komponen IKK lainnya yang menunjukkan keadaan masa depan, Indeks Ekspektasi (IE), juga mengalami peningkatan sebesar 1,4 persen menjadi 104,0. Kenaikan IE ini menunjukkan optimistis masyarakat terhadap prospek ekonomi dalam enam bulan mendatang semakin meningkat.

Menurutnya, dengan meningkatnya optimistis masyarakat terhadap prospek ekonomi dalam enam bulan mendatang, rencana konsumen untuk membeli barang-barang tahan lama meningkat pula pada Juni. "Berdasarkan hasil survei terakhir, sekitar 36,3 persen konsumen yang disurvei berencana untuk membeli barang-barang tahan lama dalam 6 bulan mendatang, naik dari 35,3 persen pada bulan Mei. Ini merupakan level tertinggi sejak Desember 2011," ungkap dia.

Pada survei Juni, konsumen secara keseluruhan merasa yakin bahwa tekanan inflasi akan sedikit meningkat dalam enam bulan mendatang. Indeks yang mengukur sentimen konsumen terhadap inflasi naik sebesar 0,6 persen menjadi 191,2 pada Juni. "Memang menurut survei terakhir, jumlah konsumen yang merasa yakin bahwa harga barang akan naik dalam enam bulan mendatang mengalami peningkatan dibandingkan pada bulan sebelumnya," tambah dia.

Meningkatnya ekspektasi kenaikan harga ini tidaklah mengherankan mengingat harga beberapa barang, tertama makanan, biasanya meningkat selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri yang pada tahun ini akan jatuh pada Juli dan Agustus 2012.

Sementara itu, kepercayaan konsumen terhadap kemampuan pemerintah untuk melaksanakan tugas-tugasnya terus menguat pada Juni. Indeks Kepercayaan Konsumen terhadap Pemerintah (IKKP) naik sebesar 0,07 persen menjadi 78,82 dari 78,76 pada Mei.

Pada survei terakhir, dua komponen pembentuk IKKP meningkat, sedangkan tiga komponen lainnya menurun. Komponen yang mengalami peningkatan terbesar adalah komponen yang menunjukkan kemampuan pemerintah dalam menyediakan dan menjaga fasilitas umum, dengan indeks yang terkait naik sebesar 2.95 persen menjadi 97,55 pada Juni.

(and)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini