LPG 3 kg di Salatiga tembus Rp15.000/tabung

Angga Rosa (Koran Sindo), Jurnalis · Rabu 04 Juli 2012 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 04 450 658859 kUnlXdg1w1.jpg ilustrasi Foto: Okezone

Sindonews.com - Harga gas LPG ukuran 3 kilogram (kg) ditingkat pengecer di daerah Sidoerejo, Salatiga mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Saat ini harga gas LPG tabung melon tersebut menembus Rp15 ribu per tabung.

Salah seorang pengecer gas LPG 3 kg di daerah Blotongan, Sidorejo Guntur, 36, menuturkan, kenaikan harga gas LPG ditingkat pengecer terjadi sejak pekan lalu. Dirinya terpaksa menaikkan harga gas LPG 3 kg karena harga dari distributor naik. "Jika harga dari distributor naik, otomatis saya juga menaikkan harga. Jika tidak saya bangkrut," ujarnya, Rabu (4/7/2012).

Dia menjelaskan, sebelum naik, harga eceran gas LPG 3 kg Rp14 ribu per tabung. Saat itu, harga dari distributor masih Rp13.000 per tabung. Namun semenjak distributor menaikkan harga menjadi Rp13.500 per tabung, dirinya menaikkan harga jual ke konsumen menjadi Rp15 ribu per tabung.

"Saya terpaksa menaikkan harga gas 3 kg Rp1.500 per kg untuk menambah modal. Jika harganya mendadak naik lagi saya sudah memiliki modal. Kalau tidak, saya tidak bisa kulakan gas dalam jumlah yang sama dan stoknya menjadi berkurang," ucapnya.

Pengecer gas LPG 3 kg lainnya di kompleks Perumahan (Perum) Sehati, Sidorejolor, Sidorejo Sutikno, 49, mengungkapkan, saat ini harga eceran gas LPG 3 kg di daerah Sidorejo bervariasi berkisar antara Rp14 ribu sampai Rp15 ribu per tabung. Ini terjadi lantaran dalam beberapa pekan terakhir harga dari distributor naik turun.

"Terakhir saya kulakan dengan harga Rp13.500 per tabung. Dan saya jual ke konsumen seharga Rp15 ribu per tabung. Harga tersebut saya samakan dengan pengecer lain yang juga menjual dengan harga Rp15 ribu per tabung," katanya.

Sementara itu, kenaikkan harga gas LPG 3 kg ini dikeluhkan masyarakat karena sudah dinilai memberatkan. Seperti yang dikemukakan Parman, 52, warga Sidorejolor, Kecamatan Sidorejo. Dia menilai, harga eceran gas LPG 3 kg saat ini sudah di atas kewajaran karena harga di agen hanya Rp12.700 per tabung.

"Selisih harga eceran dengan harga di agen sangat banyak, yakni mencapai Rp2.300. Ini sudah di atas kewajaran dan sangat memberatkan masyarakat khsusnya warga yang berpenghasilan pas-pasan seperti saya ini," ujarnya.

Dia mengatakan, kenaikkan harga gas LPG 3 kg ini menambah biaya pengeluaran kebutuhan setiap bulan. Sebelum naik, anggaran untuk membeli gas elpiji dalam satu bulan sebanyak Rp70 ribu dengan asumsi harga Rp14 ribu per tabung.  "Sejak harganya naik menjadi Rp15 ribu, saya harus menambah Rp5.000 untuk mencukupi kebutuhan gas setiap bulan sebanyak lima tabung," tuturnya.

Dia berharap pemerintah segera turun tangan untuk menstabilkan harga gas LPG 3 kg ditingkat pengecer. Karena kenaikkan harga eceran gas LPG 3 kg sudah terpaut banyak dengan harga yang ditetap pemerintah. "Saya harap pemerintah tanggap dengan keresahaan masyarakat khususnya yang menyangkut kebutuhan hidup. Tolong stabilkan harga eceran gas LPG 3 kg agar warga miskin tidak merasa keberatan," pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Kota Salatiga Suseno belum bisa dikonfirmasi terkait hal itu. Ketika dihubungi melalui telepon selulernya dalam kondisi aktif namun tidak diangkat.

(and)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini