Share

JSMR menunggu berkah para pemudik

Bambang Aji, Sindonews · Rabu 04 Juli 2012 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 04 452 658422 GX8xggTSLT.jpg ilustrasi Foto: Okezone

MUDIK Lebaran akan membawa berkah bagi PT Jasa Marga Tbk (JSMR). Namun saham BUMN ini cocok dikoleksi untuk jangka menengah–panjang. Bukan hanya sektor konsumsi dan ritel yang bakal menikmati berkah dari bulan puasa dan idul fitri. Tetapi juga para operator jalan tol, termasuk  PT Jasa Marga. Dari pengalaman tahun lalu, pengguna jalan tol selama mudik lebaran meningkat hingga 114 persen dari biasanya.

 

Nah, tahun ini, jumlah pemudik yang menggunakan  jalan tol  diperkirakan lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2011l. Hingga kuartal I-2012, volume kendaraan yang melewati jalan tol JSMR tercatat 280 ribu unit atau naik 10,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara pendapatannya meningkat 16,31 persen menjadi Rp1,293 triliun. Ada pun laba bersih yang berhasil dibukukan JSMR tercatat Rp 410,6 miliar atau naik 16,5 persen. “Di atas target kami. Mudah-mudahan kondisi ini terus bertahan hingga akhir tahun,” kata Direktur Utama PT Jasa Marga, Adityawarman.

Harapan orang nomor satu di Jasa Marga itu tampaknya bakal kesampaian. Soalnya, hingga Mei 2012, trafik kendaraan di jalan tol Jasa Marga tercatat 486 juta unit atau naik 18% dibanding tahun lalu. Kenaikan volume kendaraan tersebut salah satunya akibat menambahan ruas jalan tol Semarang – Unggaran dan Surabaya – Mojokerto.

Cukup menjanjikan, memang. Hanya, bagi investor yang biasa bermain jangka pendek, seorang analis dari PT Kresna Securities menyarankan sebaiknya saham ini dihindari dulu. Sebab, saat ini pergerakannya cenderung kurang lincah. “Paling naik turunnya hanya 2-3 persen,” katanya.

Beberapa analis lainnya juga sependapat dengan dengan saran itu. Mereka menilai, saham JSMR  pantas disimpan dalam jangka menengah–panjang. Apalagi, sebagai perusahaan milik negara, JSMR tergolong royal membagikan deviden. Mereka memberikan rekomendasi beli untuk jangka menengah dengan target Rp5.700. Selasa  kemarin 3 Juli 2012, JSMR ditutup di Rp5.550 atau menguat 2,7 persen.

(and)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini