nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beech, Kayu Terang Menawan

Rabu 08 Agustus 2012 12:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 08 08 472 674908 KRFeAXgMj3.jpg Kayu Beech (foto: jgpwoodfloor)

KALAU dulu Anda hanya mengenal jenis kayu walnut yang bisa memberikan nilai estetika tinggi, kini giliran Anda mengenal si kayu cantik beech yang dapat menjadikan tata interior rumah semakin indah.

Bila Anda termasuk penyuka kayu berwarna terang, beech bisa menjadi pilihan yang tepat. Tampilan beech cenderung putih dengan sedikit warna merah dan sangat berbeda dengan inti kayu yang berwarna gelap.

Kayu beech umumnya digunakan untuk veneer, landasan rel kereta api, dan bubuk kayu. Walaupun begitu, kayu ini juga disukai untuk pembuatan furnitur, seperti kursi, meja, keranjang kayu, bahkan sebagai pelapis lantai. Kelebihan lain, beech bisa digunakan sebagai wadah makanan karena tidak menimbulkan rasa dan debu.

"Secara karakteristik, kayu beech tergolong kayu yang berat, keras, kuat, dan memiliki daya tahan tinggi. Dari sisi ketahanannya, kayu ini sangat kuat dan tidak mudah lapuk, serta tidak cepat membusuk," ujar arsitek Denny Setiawan.

Kayu beech sangat siap digunakan, baik dengan tangan kosong maupun bantuan mesin. Beech mudah dilengkungkan, dibengkokkan, dibelah, ataupun dibuat untuk melapisi permukaan. Beech juga sangat baik saat dilakukan pemakuan atau dilem.

Kayu yang berwarna sedikit terang hingga cokelat kemerahan, ditambah dengan pola serat yang rapat, membuat kayu ini mudah dan cantik bila dibentuk furnitur. Tak heran jika beech banyak diaplikasikan sebagai aneka perabot, pelapis lantai, dan veneer.

"Warnanya yang cenderung terang membuat kayu ini sangat mudah diterapkan untuk semua kondisi dan gaya hunian, termasuk pada rumah minimalis. Kayu ini juga sangat multifungsi, jadi bisa masuk di semua kondisi ruangan, baik besar maupun kecil," kata Denny.

Jadi bagaimana, tak hanya kayu jati atau walnutyang bisa dijadikan pelengkap natural di dalam rumah Anda bukan? Dengan mencoba menggunakan material baru, Anda bisa memperbarui tatanan dekorasi rumah agar lebih cantik dan alami.

(Aprilia S Andyna/Koran SI)

(NJB)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini