Alvin Roth & Lloyd Shapley Raih Nobel Ekonomi

Gina Nur Maftuhah, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2012 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 16 213 704473 8r1pNZoZIL.jpg Ilustrasi (Foto: Corbis)

NEW YORK - Alvin Roth dan Lloyd Shapley didaulat memenangkan hadiah nobel 2012 di bidang ekonomi. Keduanya diganjar nobel atas teori alokasi stabil dan praktek desain pasar miliknya.

Seperti dikutip BBC News, Roth, adalah seorang profesor yang bekerja di Harvard University dan Shapley adalah pengajar di Universitas California, LA. Kedua ekonom yang bekerja independen ini bekerjasama mengalokasikan sumber daya seperti dalam penerimaan sekolah atau organ pasien yang membutuhkan transplantasi.

"Meski mereka bekerja secara independen, kombinasi dari teori Shapley dan penelitian empiris Roth menghasilkan bidang perkembangan penelitian yang meningkatkan kinerja pasar," ujar Royal Academy of Scienses, Selasa (16/10/2012)

Shapley memulai penelitiannya bersama rekannya Gale 1962. Dia melihat cara memenuhi permintaan pasar jika terbentur etika dan hukum seperti mengakui siswa yang bersekolah di sekolah umum AS. Jika hanya harga yang digunakan, maka ekonom bisa dikatakan gagal.

Karya asli dari karya ini adalah Gale Shepley yang bertujuan memastikan pencocokan stabil atau hasil terbaik dari kedua belah pihak. Pilar utama dalam teori ini adalah area matematika ekonomi yang bertujuan menentukan bagaimana individu secara rasional memilih untuk bekerjasama.

Sementara Roth memulai penelitiannya pada 1980. Saat itu, mahasiswa kedokteran memaksa rumah sakit untuk menerima magangnya. Hal ini berarti sebelum lulus, mereka harus memiliki bukti keterampilan dan kualifikasinya.

Pada 1984, Roth mempelajari bahwa algoritma Gale Shapley, sangat berdekatan dan bisa diterapkan dalam situasi nyata. Mereka berdua berhak atas hadiah total USD1,2 miliar yang dibagi antara mereka dari Bank Sentral Swedia. (gna)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini