Share

Terima Hibah, Agus Desak K/L Lapor

Fakhri Rezy, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2012 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 19 20 706455 c3ooARkfwa.jpg Menteri Keuangan Agus Martowardojo

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo menegaskan agar Kementerian dan Lembaga (K/L) harus cepat melaporkan ke instansinya sebagai bendahara negara bila menerima hibah. Hal ini dimaksudkan agar mekanismenya menjadi tertib.

Agus mengatakan, K/L agar mencontoh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut dia, dalam penerimaan hibah, KPK sangat tertib.

"Dalam pembahasan tadi, KPK sebagai lembaga negara itu tertib. Dia itu begitu terima hibah langsung melaporkan ke bendaharawan umum negara untuk pertanggungjawabkan itu," kata Agus, di kantornya, Jakarta, Jumat (19/10/2012).

Pada sambutannya di acara Evaluasi Laporan Keuangan K/L pada Portfolio Auditorat Keuangan Negara II BPK RI, Agus mengatakan terdapat penerimaan hibah langsung pada K/L yang belum dilaporkan kepada bendaharawan negara dan dikelola di luar mekanisme APBN.

Berdasarkan data Badan Pemerika Keuangan (BPK), terdapat penerimaan hibah langsung berupa uang/barang/jasa pada 15 K/L senilai Rp292,4 miliar dan USD782 ribu. Ada juga belanja yang bersumber dari hibah pada 14 K/L senilai Rp311 miliar dan USD777 ribu yang belum dilaporkan Kementerian Keuangan selaku bendahara umum negara.

"Nah, masih banyak yang nerima hibah tapi enggak dilaporkan ke akhir tahun," tambah Agus.

Agus mengatakan, K/L harus dapat mempertanggung jawabkan hibah yang diterima dan seccepatnya dilaporkan ke instansinya.

"Kemudian nanti sumber dananya tidak jelas, enggak tahu digunakan secara tidak jelas, jadi ini yang kita mau tata," tandasnya. (gna)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini