nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pedagang Kaki Lima Sumbang Pertumbuhan Ekonomi RI

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Minggu 21 Oktober 2012 10:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 10 21 320 706997 KDPSUPe6Jt.jpg Menko Perekonomian Hatta Rajasa. (Foto: Tangguh Putra/okezone)

BATAM - Keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) merupakan salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, para PKL tidak boleh digusur.

"Saya tidak ingin melihat kota rapi tapi melakukan penggusuran para PKL. Kota memang harus rapi, tapi para PKL tidak boleh digusur," ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, di Batam, Sabtu (20/10/2012) malam.

Bahkan menurut Hatta, keberadaan para PKL tidak mungkin dihilangkan dari sebuah negara. "Di negara manapun PKL ada, mereka di tempatakan (diberikan tempat), dan usaha berbasis kreatif kuliner dan sebagainya," kata Hatta.

Oleh karenanya, Hatta mengimbau agar para PKL tersebut diberikan kesempatan dan dibina oleh pemerintah. Sehingga, para PKL tersebut dapat berkontribusi tanpa perlu adanya pertentangan atau penggusuran.

"Kemitraan menjadi kata kunci. Tanpa kemitraan PKL tidak bisa efektif," jelas mantan Menteri Perhubungan ini.

Selain itu, dia mengimbau pada para perbankan untuk memberikan bantuan terhadap para PKL tersebut. Ini harus dilakukan jika para PKL tersebut akan naik menjadi usaha yang lebih tinggi.

"Saat ini, sudah 700 naik kelas menjadi komersil, jadi saya yakin bisa lebih dari jutaan PKL bisa naik kelas," katanya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini