Image

Menkeu: Bentuk BUMN Baru untuk Ambil Alih Inalum

Fakhri Rezy, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2012, 21:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 10 24 320 708890 mu5TGVgVjq.jpg Menkeu Agus Martowardojo. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo mengakui bila pemerintah sedang merencanakan pembentukan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk pembelian dan pengelolaan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

"Iya bisa BUMN baru," ujar Agus Martowardojo, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (24/10/2012).

Namun demikian, lanjut Agus, hal ini masih akan dirundingkan dengan DPR untuk memastikan proses yang terbaik. Karena, selain mendirikan BUMN baru, pemerintah juga dapat membeli langsung.

"Memang dipersetujuan dikatakan yang harus melakukan itu adalah pemerintah, jadi kita akan pelajari apakah pemerintah akan mendirikan BUMN atau akan langsung membeli," ujar Agus.

Agus menambahkan, industri alumunium merupakan industri yang sangat strategis di Indonesia, serta menjadi bentuk hilirisasi dari bahan mentah alumina. Selain itu, industri ini juga dapat menjadi perusahaan pelat merah yang independen.

"Artinya di Kementerian BUMN karena industri aluminium cukup strategis dan nilainya juga baik dan satu bentuk hilirisasi. Jadi saat ini belum ada padanannya jadi bisa kita jadikan itu sebagai BUMN yang independen," ujar Agus.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini