nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Basmi Noda di Sofa dengan Cara Ini! (2)

Yuni Astutik, Jurnalis · Sabtu 03 November 2012 10:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 11 02 472 712905 0XYxfO07wR.jpg Ilustrasi, Sumber: Corbis

JAKARTA - Membersihkan noda di permukaan sofa memang gampang-gampang susah. namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kenali jenis noda terlebih dahulu. Arsitek Imelda Akmal dalam Bukunya "101 Membetulkan dan Merawat Rumah" memberikan tips bagaimana membersihkan noda tersebut. Berikut tiga dari enam cara membersihkan sofa dari noda seperti dikutip Okezone, Sabtu (3/11/2012).

4. Noda Tinta

tekan-tekan kain yang sudah dibubuhi dengan isopropyl alkohol pada permukaan sofa. Hindari pengusapan atau penggosokan agar noda tinta tidak meluas. Gunakan kain kering untuk mengangkat noda tinta dan alkohol. Lakukan berulang hingga noda benar-benar terangkat. Jika noda tinta sudah sulit dibersihkan, gunakan denatured alcohol dengan cara yang sama.

5. Noda Minyak

Cara menghilangkan noda minyak pada permukaan sofa adalah taburkan bubuk yang memiliki daya serap tinggi seperti baking soda, garam, tepung jagung pada permukaan noda, sikat perlahan agar bubuk menyerap ke dalam serat. Biarkan selama kurang lebih satu jam sebelum pada akhirnya dibersihkan dengan vacum cleaner. Ulangi bila perlu.

6. Noda Darah

Membersihkan noda darah sebaliknya segera dilakukan saat noda tersebut masih basah. Bila sudah mengering, noda akan elbih sulit dibersihkan. Caranya, kompres dengan air untuk memperlambat noda menjadi kering. Lalu campurkan tepung jagung dengan air oleskan pada permukaan noda. Jika memungkinkan, jemur permukaan tersebut di bawah sinar matahari hingga kering. Sikat adonan yang telah mengering, ulangi proses tersebut hingga noda hilang.

Cara lin adalah dengan membuat adonan dari tepung pelunak daging (unseasoned meat tendernizer) yang dicampurkan dengan air secukupnya. Oleskan pada noda, biarkan 15-30 menit, kemudian sikat dan gunakan spons yang sedikit basah untuk menghilangkan sisa adonan pada permukaan. (nia)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini