nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perusahaan Nasional Lirik PLTB Viron Energy

Ranap Simanjuntak, Jurnalis · Selasa 06 November 2012 12:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 11 06 19 714292 pfJYertHNB.jpg Ilustrasi. (Foto: Koran SI)

JAKARTA - Menjadi pengembang listrik tenaga bayu komersial pertama di Indonesia, PT Viron Energy mulai dilirik salah satu perusahaan besar nasional. CEO PT Viron Energy Poempida Hidayatulloh membenarkan niatan pembelian sebagian saham tersebut.

“Saya belum bisa menyebutkan nama perusahaan itu. Yang jelas total aset perusahaan mencapai Rp170 miliar sehingga nanti dibicarakan berapa persen saham yang akan diakuisisi," tutur lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Tetap Energi Berbasis Lingkungan Kadin ini, Selasa (6/11/2012).

Sejauh ini Viron Energy tengah merampungkan proyek pembangkit listrik kincir angin di Taman Jaya Ciemas, Sukabumi dengan kapasitas 10 mw. Kincir ini bisa memberikan energi untuk penerangan di dua kelurahan. Sebagai pembeli listrik, PLN sendiri menyatakan tertarik membeli energi setrum yang dihasilkan dengan masa kontrak selama 15 tahun.

Di mana, pada tujuh tahun kontrak pertama seharga Rp920 per kilowatt per jam (kilowatt-hour/kWh), baru kemudian harganya berangsur turun menjadi Rp800/kWh.

"Saya optimistis Indonesia akan mengembangkan pembakit listrik tenaga angin. Energi terbarukan memang sangat dibutuhkan dalam keterbatasan energi yang ada. Apalagi, negeri ini punya dua musim saja sehingga memudahkan industri ini," sahut Poempida.

Alumni University of Bristol, Inggris di bidang Aeronautical Engineering itu yakin kalau salah satu permasalahan setrum nasional salah satunya lewat energi terbarukan seperti tenaga angin.

"Negara ini punya sumber yang angin yang melimpah. Saya yakin potensi ini bisa dikembangkan kemudian, apalagi dengan adanya dua musim saja di Indonesia," pungkas anggota Komisi IX DPR RI ini.

(wdi)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini