Image

Menkop : 25% Koperasi di Indonesia Tidak Aktif

Bramantyo, Jurnalis · Senin 12 November 2012, 16:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 11 12 320 717257 YSg5gD7XHc.jpg Ilustrasi (Foto: Corbis)

SOLO – Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarief Hasan mengakui bahwa koperasi di Indonesia tidak semuanya aktif. Di Indonesia, ada sekira 20-25 persen koperasi yang tidak aktif.

“48.081 koperasi yang tidak aktif. Sedang jumlah total koperasi di Indonesia sekarang ini terdata ada 192.324 koperasi,” ungkap Menkop dan UKM Syarief Hasan kepada Okezone di Solo, Jawa Tengah, Senin (12/11/2012).

Data itu, menurut Menkop, adalah data terbaru yang dimiliki Kementerian Koperasi. namun, dia juga menilai bahwa total jumlah koperasi yang terdata itu masih fluktuatif karena ada yang tidak aktif dan ada pula tambahan aktif baru.

“Itu kewajiban kita untuk melakukan supaya koperasi yang tidak aktif tersebut bisa berjalan aktif kembali,” ujarnya.

 

Terkait koperasi yang melakukan kegiatan perbankan, Menkop meminta agar masyarakat waspada terhadap koperasi yang melakukan kegiatan  perbankan. Apalagi jika ada koperasi yang menjanjikan imbal hasil (yield) lebih daripada yang dijanjikan bank. Kejadian ini bisa dikatakan penipuan.

“Seratus persen, bahkan 200 persen, kegiatan yang mengatasnamakan koperasi itu, jelas penipuan,” tegas Syarief.

Menkop menambahkan, sebenarnya koperasi yang melakukan modus investasi yang lebih besar atau sama dengan interest perbankan adalah penipuan dengan sasaran adalah masyarakat yang berpenghasilan rendah.

“Karena itu, masyarakat harus waspada bila mengetahui koperasi seperti itu,” tandasnya. (gna)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini