nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Seluk Beluk Meja Konsol

Jum'at 16 November 2012 09:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 11 15 472 718865 uA1l7br1PR.jpg Meja konsol (foto: architectaria.com)

JAKARTA - Faktor utama yang harus diperhatikan dalam menggunakan meja konsol pada ruangan adalah dimensi konsol itu sendiri. Jangan sampai konsol menjadi sangat dominan atau terlalu besar jika diletakkan bersamaan dengan furnitur lain di ruang tertentu. Kecuali di area foyer, umumnya konsol hanya "seorang diri" dan hanya sebagai media display aksesori kecil lain.

Berkaitan dengan ruangan yang lain, pengaplikasian meja konsol juga perlu memperhatikan fungsi ruang. Arsitek Briyan Talaosa mengatakan, meja konsol selain cocok diletakkan di area foyer, juga dapat diletakkan sebagai "pengisi" di ruang-ruang lain, seperti ruang tamu, ruang duduk, dan ruang keluarga.

Meski demikian, tentu fungsinya mesti menyesuaikan dengan posisi peletakannya di ruang tersebut. "Karena biasanya meja konsol selain sebagai furnitur, juga dijadikan media display. Umumnya aksesori yang di-displaydisesuaikan dengan fungsi ruangan," imbuhnya.

Aksesori pendukung lain yang bersentuhan langsung dengan meja konsol disesuaikan dengan aksesori ruangan di mana meja konsol tersebut berada. Jika meja konsol diletakkan di ruang keluarga, biasanya konsol digunakan sebagai media display foto keluarga atau identitas penghuni. Jika diaplikasikan di foyer, maka aksesori pendukungnya pun harus disesuaikan dengan fungsi foyer sebagai ruang transisi.

Caranya, Briyan menyebutkan, dengan meletakkan lampu meja di atasnya jika memang ingin memberikan efek pencahayaan buatan di sebuah ruangan. Penataan meja konsol di dalam ruangan perlu tertata maksimal, selaras dengan kebutuhan orang yang beraktivitas di sana.Untuk itu, kehadiran meja konsol jangan sampai mengganggu aktivitas penghuni di dalam ruangan.

Ambil contoh, untuk panjangnya tentu disesuaikan dengan dimensi ruangan atau furnitur yang bersinggungan dengan konsol.Namun,biasanya tingginya berada di kisaran 75-90 cm dengan ketebalan antara 40-55 cm atau 60 cm.

Sementara untuk ukuran panjangnya bisa disesuaikan dengan kondisi di lokasi. Sebagai efek sentuhan terakhir, hal yang perlu diperhatikan adalah material meja konsol.

Ada baiknya saat Anda memilih bahan atau material meja konsol harus disesuaikan dengan tema ruangannya. Hal tersebut dibenarkan Briyan. Menurut dia, semua material yang kita kenal dalam interior sangat layak digunakan untuk membuat meja konsol. Namun, tentu saja pilihan material yang tepat disesuaikan dengan tema desain sangat disarankan dalam memilih material dasar pembentuk meja konsol.

Nah yang jelas, lanjut dia, pemilik rumah mesti cermat dalam memilih komposisi material jika memang konsol tersebut dibuat dari beberapa material, seperti stainless di bagian kaki dan kayu di top table-nya. Jika perpaduan ini yang dipilih, maka yang harus diperhatikan adalah sistem koneksi antardua material tersebut. Sebaiknya harus kaku dan benar-benar kuat.

"Bahan yang paling baik digunakan tentu yang matching dengan desain yang kita pakai. Namun,jika kita uraikan satu per satu material yang dipakai, tentu kekuatan mutu bahan disesuaikan dengan standardisasi material tersebut," kata Briyan.

(Titi Sa/Koran SI)

(NJB)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini