nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PBB Depok Naik Jadi Rp99,5 Miliar

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2012 17:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 12 05 20 727858 ATZ4ZdDsFy.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok didaulat Pemkot Jakarta Selatan untuk mensosialisasikan Pajak Bumi Bangunan (PBB) ke masyarakat di Jakarta Selatan.

"Di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan memberikan sosialisasi ke masyarakat tentang pengelolaan PBB ke daerah masing-masing. Dari pihak Provinsi DKI Jakarta juga hadir dan Kakanwil Jakarta Selatan," tutur Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Aset Kota Depok, Doddy Setiadi, kepada wartawan, Rabu (5/12/2012).

Menurut Doddy, selain DKI Jakarta sejumlah Pemerintah Daerah di Indonesia juga datang ke Depok untuk studi banding tentang hal yang sama. Mereka yang datang itu di antaranya dari wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Yang datang itu hampir dari seluruh Indonesia. Mereka minta advice ke kami. Kota Ambon saja mengundang kami," imbuhnya.

Dikatakan Doddy, dengan PBB dikelola oleh Pemkot Depok maka PAD Kota Depok dipastikan meningkat. Capaian PAD Kota Depok tahun 2011 mencapai Rp1,2 triliun lebih dari sebelumnya Rp1 triliun lebih. Hal itu ditunjang dengan dibangunnya loket PBB dan BPHTB di Balai Kota Depok.

"Capaian BPHTB di Depok telah mencapai Rp117 miliar. Tahun ini sampai 30 November Rp135,7 miliar. Sedangkan PBB tahun lalu 64,8 dari Rp85 miliar. Tahun ini Rp99,5 miliar," paparnya.

Anggota Komisi B DPRD Kota Depok, Muttaqin menyampaikan bahwa dengan dikelolanya PBB oleh Kota Depok, sehingga pembangunan di Kota Depok akan lebih maju. "PBB dan BPPHTB akan meningkatkan PAD," tandasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini