Share

Asei Bakal Gandeng Perbankan BUMN

Iwan Supriyatna, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2012 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 19 457 734249 dIDDtRlO4F.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Asuransi Ekspor Indonesia (Asei) berencana menggandeng bank-bank BUMN. Hal ini dilakukan guna mendorong para eksportir untuk memasarkan produknya ke pasar-pasar nontradisional untuk menjaga nilai ekspor Indonesia tetap tinggi.

"Kita akan masuk ke bank-bank BUMN, BNI, dan BRI paling relevan, sudah dibicarakan. Ini kerjasama juga dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag)," kata Direktur Utama Asei Zaafril Razief Amir, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Zaafril menuturkan, Asei telah bekerjasama dengan Bank Mandiri dan Kemendag, dan sepakat mendorong para eksportir untuk memasarkan produknya ke pasar-pasar nontradisional untuk menjaga nilai ekspor Indonesia. "Sebelumnya kan kita sudah dengan Bank Mandiri dan Kemendag," katanya.

Dengan kerjasama ini, diharapkan dapat menyediakan solusi pembiayaan pengadaan barang ekspor (pre-shipment financing) hingga mengakselerasi penerimaan hasil ekspor ketika barang sudah dikirim kepada pembeli (post-shipment financing), untuk para eksportir.

Nantinya, baik transaksi ekspor LC maupun non-LC, dengan suku bunga yang kompetitif terdapat di negara kawasan seperti kawasan negara-negara Timur Tengah, Eropa Timur, dan Afrika Selatan dan negara yang tergabung dalam Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) atau ASEAN plus 6 (Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru). "Kita dalam waktu dekat ini akan menggandeng beberapa bank BUMN," tegas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini