Contek Desain Rumah Susun yang Layak dari Eropa

Nur Januarita Benu, Jurnalis · Rabu 26 Desember 2012 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 26 479 737259 JAf1tQ0Dxo.jpg Sumber: archdaily

IBIZA - Rumah susun (rusun) sederhana atau milik yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan  rendah (MBR) di Indonesia, lebih identik dengan kesan tidak rapi, kotor, dan cenderung amburadul. Namun, pemandangan berbeda akan ditemukan jika kita menengok bentuk-bentuk rumah susun di negara-negara Eropa atau yang lebih umum disebut social housing atau flat.

Salah satunya adalah rumah susun yang dibangun oleh arsitek VORA Arquitectura yang terletak di Ibiza, Illes Balears, Spanyol ini. Dengan luas area 3.170 meter persegi rumah susun ini hanya memiliki 30 unit flat (apartemen) yang berderet rapi di dalamnya.

VORA Arquitectura mendesain rumah susun ini dengan tinggi tiga lantai dan memanjang. Bangunannya juga dibuat agar bisa beradaptasi dengan kemiringan tanah dan volume maksimum yang diperbolehkan sesuai peraturan tata kota setempat.

Seperti dilansir Archdaily, Rabu (26/12/2012), unit-unit flat di dalam rusun ini dibagi dalam tiga bagian. Deretan unit pada bagian tengah terhubung dengan koridor jalan. Pada bagian ujungnya terhubung langsung dengan tangga. Sementara untuk deretan unit yang ketiga sengaja bagian atapnya dikosongkan, sebagai taman pribadi untuk flat yang berada di lantai dasar.

Pada bagian basement terdapat area parkir dan gudang penyimpanan barang. Setiap flat diapit oleh dinding yang lebar, serta galeri terbuka dan tertutup. Di satu sisi terhubung langsung dengan lorong apartemen dan sisi lainnya adalah balkon yang mengarah ke arah selatan.

Adapun bahan bangunan dan konstruksi yang digunakan sangat sederhana. Struktur keseluruhannya adalah beton, namun dibuat banyak bukaan, seperti ventilasi pada fasad bangunan dan jendela-jendela dengan ukuran besar.

Desain seperti ini bisa ditiru, baik oleh arsitek maupun pemerintah Indonesia dalam membangun rumah susun yang murah namun tetap manusiawi dan layak huni. (nia)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini