nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tampil Mewah dengan Marmer

Senin 31 Desember 2012 09:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 12 31 472 739250 wkiHVHqiCF.jpg Lantai marmer (Foto: Indonetwork)

JAKARTA - Mewah dan natural. Itulah kesan pertama yang dimunculkan marmer. Batuan kristal kasar yang terbuat dari batu gamping atau dolomite ini memang memiliki keunikan tersendiri untuk tatanan interior.

Bukan hanya karena tampilannya yang sempurna dan wah, warna dan tekstur marmer yang khas juga selalu menjadi daya tarik hingga banyak orang ingin mengoleksinya. Ya, marmer memang kerap menjadi benda koleksi yang dapat menghiasi interior rumah. Warna dan motifnya mampu membuat tampilan rumah menjadi lebih bernilai.

"Marmer selalu memiliki daya pikat tersendiri dalam penataan interior rumah. Selain digunakan sebagai penutup dinding atau lantai, marmer juga sering diterapkan untuk melengkapi elemen interior seperti meja, kursi, dan vas bunga. Namun, tidak semua marmer memiliki kualitas yang baik karena dia juga punya nilai negatif, salah satunya apabila rusak sangat sulit diperbaiki," kata arsitek Denny Setiawan.

Motif dan warna marmer yang indah memiliki kelebihan dan kekurangan. Antara lain tidak cepat memanas, tahan terhadap goresan, mudah dirawat, banyak jenis dan gayanya, mahal, licin, dan sangat sulit diperbaiki bila terjadi kerusakan.

"Marmer tahan terhadap goresan hanya bila goresannya bersifat ringan. Kalau dia terkena goresan yang kasar, tetap saja akan merusak lapisan kilatannya sehingga ubin atau meja marmer tersebut terlihat tidak mengkilat lagi," sebut Denny.

Lantaran lapisan atas marmer yang begitu riskan, Anda diharuskan untuk memberikan lapisan lain yang dapat memperkuat bagian atas marmer agar terjaga dari segala macam goresan maupun noda. Lapisan ini juga dibutuhkan supaya marmer tetap terus mengkilap.

Apabila Anda enggan memilih marmer sebagai penutup lantai maupun dinding, mungkin Anda bisa menjadikannya sebagai top table atau penghias permukaan meja. Furnitur meja marmer sedikit sulit didapatkan di pasaran. Hal itu selain karena harganya mahal, Anda juga harus memburu furnitur tersebut hingga ke pelosok kota.

"Marmer yang sudah dikreasikan memang memiliki harga yang mahal. Namun, marmer yang sudah dikreasikan ini malah cenderung lebih tahan lama daripada kita menggunakan marmer sebagai pelapis lantai," ujar Denny.

Meja marmer bulat bisa Anda letakkan di dekat pintu masuk utama rumah. Meja marmer bulat ini juga boleh Anda mix and match dengan kaki meja dan top table yang berbeda. Anda pun dapat memadukannya dengan kursi bergaya Betawi. Dengan begitu, meja marmer yang unik akan terlihat antik dan nyaman sebagai "teman" tempat duduk bagi Anda saat ingin menikmat secangkir teh kala sore hari.

Tidak terbatas pada penggunaan meja saja, kreasi marmer juga bisa Anda aplikasikan pada lemari untuk menggantungkan topi yang dapat diletakkan di sudut ruangan. Lemari bagian atasnya bisa Anda lapisi marmer. Agar tampil lebih menarik, Anda boleh "menggoreskan" warna hijau dan menambahkan keramikkeramik antik bergambar sehingga tampilan lemari menjadi lebih menawan.

Anda juga bisa menjadikan meja marmer sebagai coffee table yang top table-nya terbuat dari marmer berwarna hijau. Ini tentu akan membawa keunikan tersendiri di dalam rumah.

(Aprilia S Andyna/Koran SI)

(NJB)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini