Jero: Penggunaan Energi Geotermal Sudah 6%

Pebrianto Eko Wicaksono, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2013 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 12 19 745229 xjpQwKegxo.jpg Jero Saat Peresmian PLTP Kamojang (Foto: Pebrianto)

GARUT - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, saat ini penggunaan energi geotermal meningkat menjadi enam persen dari sebelumnya hanya empat persen. Ke depan, penggunaan energi ini akan terus ditingkatkan.

Jero mengatakan, Pemerintah akan terus mendorong penggunaan energi geotermal untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan di Indonesia dan menggeser peran Bahan Bakar Minyak (BBM) yang saat ini masih menjadi sumber energi yang mendominasi.

"Saya perintahkan kepada Pertamina, cepat-cepatlah mengerjakan proyek selanjutnya, bekerja dengan cepat, rakyat menunggu listrik," kata Jero, saat menghadiri peletakan batu pertama PLTP Kamojang, Sabtu (12/1/2013)

Menurut Jero, geotermal merupakan salah satu pemecahan masalah untuk menghemat energi yang berasal dari bahan bakar fosil. Indonesia, tambahnya, adalah negara yang mempunyai potensi energi geotermal 40 persen dari kebutuhan dunia. Namun, Indonesia baru memanfaatkan energi tersebut sebesar empat persen.

 "Tapi itu sudah berubah menjadi enam persen," ungkap Jero.

Jero mengungkapkan pencapaian enam persen saat ini belum memuaskan, pihaknya akan terus meningkatkan energi yang bersal dari pegunungan berapi tersebut dengan menambah proyek-proyek geotermal.

"Tapi saya belum puas, saya masih tunggu pertambahannya," tutup Jero.

(gnm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini