nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inpex Masela Mulai Kembangkan Lapangan Gas Abadi

Ade Hapsari Lestarini , Jurnalis · Rabu 23 Januari 2013 16:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 01 23 19 750777 y3u4Q5h1jU.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Inpex Corporation (Inpex) telah memberikan kontrak untuk Front End Engineering and Design (FEED) atas fasilitas FLNG untuk pengembangan lapangan gas Abadi kepada perusahaan afiliasinya, Inpex Masela Ltd. yang mengoperasikan dan memiliki 60 persen di blok Masela PSC.

Disampaikan Chief Operational Officer (COO) ENRG Amir Balfas, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (23/1/2013), FLNG FEED tersebut meliputi desain atas fasilitas produksi terapung di mana gas akan di proses, dicairkan, disimpan, dan didistribusikan.

Kontrak tersebut dilakukan setelah menyelesaikan proses tender untuk pekerjaan surf feed pada 26 November 2012 lalu. Adapun kontrak FLNG FEED tersebut diberikan kepada dua grup.

Grup pertama dipimpin oleh salah satu perusahaan engineering terkemuka di dunia, yaitu JGC Corporation (kantor pusat: Jepang)/PT JGC Indonesia. Serta grup lainnya dipimpin oleh salah satu perusahaan jasa petroleum terkemuka di dunia, yaitu Saipem SpA (kantor pusat:Italia)/PT Saipem Indonesia.

Sekadar informasi, blok Masela PSC dikendalikan sebesar 60 persen oleh INPEX Masela, Ltd (operator), 30 persen oleh Shell Upstream Overseas Services (I) Limited, dan 10 persen oleh PT EMP Energi Indonesia (anak perusahaan PT Energi Mega Persada Tbk).

Adapun gas di lapangan Abadi yang merupakan bagian dari blok Masela PSC, diperkirakan memiliki cadangan hidrokarbon yang lebih dari cukup untuk menghasilkan 2,5 ton juta LNG per tahun untuk jangka waktu lebih dari 30 tahun. Selain itu, lapangan ini diharapkan dapat menghasilkan lebih dari 8.000 barel kondensat per hari.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini