Share

Ini Minimarket Indonesia yang "Jajah" Afrika Selatan

Ade Hapsari Lestarini , Jurnalis · Minggu 10 Februari 2013 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 10 320 759584 iEz6Yy1MDi.jpg Indomart di Afrika Selatan. (Foto: Dokumentasi Kemendag)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkapkan jika Indomart membuka toko pertama alias minimarket pertamanya di Johannesburg, Afrika Selatan.

"Pembukaan toko Indonesia di Afrika Selatan ini merupakan upaya bersama yang dirintis oleh Kemendag, KBRI Pretoria, ITPC Johannesburg, dan para pelaku usaha nasional," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Gusmardi Bustami, dalam siaran persnya, seperti dikutip dalam situs Kemendag, Minggu (10/2/2013).

Menurut dia, inisiatif tersebut diluncurkan pada kesempatan misi dagang yang dipimpin oleh Wakil Menteri Perdagangan awal 2012 yang menindaklanjuti kunjungan kerja Menteri Perdagangan di akhir 2011.

Kemudian, format kerjasama tersebut semakin dimatangkan lagi dengan keikutsertaan Indonesia di Pameran Africa Big Seven pada pertengahan 2012 dan diikuti oleh 24 perusahaan

makanan dan minuman Indonesia antara lain PT Mayora, PT Orang tua Group, PT Marimas, PT Indofood, dan PT Garuda Food.

Pembukaan Indomart merupakan suatu terobosan baru untuk memperluas dan meningkatkan penetrasi pasar bagi produk-produk Indonesia di Afrika pada umumnya dan di Afrika Selatan pada khususnya.

"Strategi pemasaran ini diharapkan dapat berjalan dengan efektif sekaligus menjadi solusi untuk menembus pasar non-tradisional dengan produk-produk yang belum pernah ditemui di pasar setempat," ujar Gusmardi.

Dia menjelaskan, jenis produk yang dijual di toko Indomart antara lain bahan makanan, produk makanan dan minuman, serta garmen seperti batik. Sedangkan konsep layanan yang diterapkan berupa swalayan. Keunggulan lain yang dimiliki oleh Indomart adalah lokasinya yang cukup strategis

sehingga dapat dengan mudah dijangkau oleh mayoritas komunitas Afrika Selatan yang bermukim di Pretoria dan Johannesburg.

"Keberadaan toko ini diharapkan mampu menarik minat para pembeli, baik masyarakat Indonesia, keturunan Asia, maupun warga Afrika Selatan yang menyukai produk Indonesia," imbuhnya.

Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Pradnyawati menambahkan, Indomart diharap mampu menjadi wadah bagi para pengusaha Indonesia yang ingin melakukan tes pasar ke Afrika Selatan dengan menitipkan produk-produk mereka ke toko ini.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini