Total E&P Sewa Jasa Apexindo Rp5,4 Triliun

Rezkiana Nisaputra, Jurnalis · Senin 18 Februari 2013 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 18 19 763346 0e9EkPyM4Z.jpg Ilustrasi. (Foto: Daylife)

JAKARTA - Total E&P Indonesie (TEPI) melakukan penandatanganan perpanjangan kontrak jasa rig dengan PT Apexindo Pratama Duta Tbk. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan tingkat produksi minyak dan gas di Blok Mahakam melalui kegiatan 110 pemboran sumur pada program WP&B 2013.

Penandatangan ini merupakan tindak lanjut dari proses pelelangan umum yang telah diadakan pada pertengahan 2012 lalu untuk ke lima Rig pemboran yaitu Rig Yani, Rig Maera, Rig Raisis, Jack Up Rig Raniworo dan Rig Soehanah.

Penandatanganan kontrak ini dilakukan oleh President Director dan GM Total E&P Indonesie, Elisabeth Proust, dan Vice Presiden Director PT Apexindo Pratama Duta, Zainal Abidinsyah Siregar yang disaksikan langsung oleh Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

Adapun dalam nilai kontrak tersebut senilai USD590 juta atau setara dengan Rp5,4 triliun dengan tingkat komitmen kandungan lokal yang mencapai hingga 76 persen, yang sama dengan USD450 juta atau setara dengan Rp4,2 triliun.

"Komitmen ini menggambarkan betapa kami begitu kuatnya menekankan pentingnya kandungan lokal dalam berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh Total E&P Indonesie yang mana melampaui target kandungan lokal yang telah ditetapkan oleh SKK Migas," ujar President Director dan GM Total E&P Indonesia Elisabeth Proust saat konferensi pers, usai penandatanganan lima Kontrak Jasa Rig di Gedung WTC II, Jakarta, Senin (18/2/2013).

Elisabeth Proust juga menambahkan, sebagai operator Blok Mahakam, TEPI mengoperasikan 10 rig pemboran di mana enam di antaranya dikontrak melalui Apexindo. Sedangkan kerjasama antara Apexindo dan TEPI dimulai sejak tahun 1992 dengan swamp barge Maera untuk operasi pengeboran.

"Sejak tahun itu, terus terjadi perbaikan kinerja dan peningkatan aktifitas untuk mengembangkan lebih jauh lapangan-lapangan Tunu, Tambora, Hambora, Peciko, Sisi-Nubi dan South Mahakam,” jelasnya.

Sementara itu, kerjasama antara kontraktor dan operator terus bertumbuh menjadikan Apexindo menjadi salah satu mitra utama Total. Tahun lalu kerjasama ini membuahkan dengan hasil SHE yang luar biasa karena lebih dari 70 sumur dari 103 sumur yang dibor oleh TEPI, sepertiga dari seluruh pengerjaan group Total di seluruh dunia.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini