Dahlan Buka Lowongan Perusahaan Film Khusus Anak Muda

Iwan Supriyatna, Jurnalis · Rabu 20 Februari 2013 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 20 320 764735 uDTdVWUGjq.jpg Menteri BUMN, Dahlan Iskan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perum Perusahaan Film Negara (PFN) terancam dilikuidasi jika tidak menunjukkan performa yang menggembirakan selama tiga bulan ke depan. Pasalnya, selama ini PFN bekerja tidak seperti yang diharapkan.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan tengah mencari pegawai berusia muda. Menurut Dahlan, orang muda memiliki ide-ide brilian untuk memajukan PFN yang terancam dilikuidasi.

Namun, ketika Dahlan mengunjungi PFN untuk meninjau apakah para pegawai PFN masih memiliki pegawai-pegawai berusia muda, dia mengaku cukup terkejut. Hal tersebut lantaran sekira seratusan orang pegawai PFN umumnya berusia senja dan akan dinyatakan pensiun.

"Pegawai termuda di sana usianya 45 tahun. Tadinya saya ke sana ingin bertemu dengan pegawai-pegawai termuda yang diharapkan mampu mengembangkan industri kreatif," kata Dahlan, di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (20/2/2013).

Selain itu, Dahlan berharap para direksi PFN melakukan rehabilitasi film-film lama yang hampir rusak. Dia menilai film-film tersebut merupakan aset PFN yang harus dijaga.

"Harus mau merehabilitasi film-film lama, karena film-film lama itu dalam keadaan rusak. Kita punya ahli untuk menangani itu, meski ini bukan bisnis yang melibatkan BUMN," katanya.

Mulanya, pengelolaan PFN berada di tanah seluas dua hektare (ha) di Jalan Otista, Jakarta Timur akan diserahkan seluruhnya kepada Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo). Namun, Dahlan masih berharap ada yang menyumbangkan ide brilian untuk memajukan PFN.

"Rencana lama itu diserahkan kembali ke Kominfo, pas dilihat maka niat itu diurungkan. Karyawannya yang 100-an orang hampir seluruhnya pensiun. Saya terbuka terhadap ide-ide brilian untuk mau diapakan, kalau perfilman nasional melalui BUMN saya akan perhitungkan. Idenya harus brilian," tukas dia.

Dahlan menambahkan, masa depan Indonesia salah satunya adalah terdapat pada industri kreatif, dan film merupakan salah satu industri kreatif yang mampu memajukan perfilman Indonesia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini