nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pajak & Infrastruktur Jadi PR Menkeu Selanjutnya

Iwan Supriyatna, Jurnalis · Minggu 03 Maret 2013 09:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 03 03 20 770122 VV1sUjAJrP.jpg Menkeu Agus DW Martowardojo (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengisi posisi gubernur Bank Indonesia (BI). Jika Agus Marto terpilih, maka kursi Menku dipastikan akan kosong.

 

Sekretaris Komite Ekonomi Nasional (KEN) Aviliani mengatakan, siapapun yang nantinya ditunjuk untuk menggantikan Agus Marto sebagai Menkeu baru harus bisa mengalihkan dana anggaran yang tidak produktif ke arah infrastruktur yang bisa meningkatkan pajak serta menciptakan lapangan pekerjaan.

 

"Pengalihan dana anggaran dari yang tidak produktif ke arah infrastruktur, itu yang harus difokuskan karena itu bisa menciptakan lapangan kerja dan juga harus bisa meningkatkan pajak," kata Aviliani di acara Monex Investor Club di Jakarta, kemarin.

 

Dia menjelaskan, calon pengganti tersebut harus yang sudah mengerti ruang lingkup keuangan. Menurut dia, bisa juga penggantinya dari salah satu wakil Menkeu saat ini. "Anny Ratnawaty misalnya, karena dia sudah pernah pegang Dirjen Anggaran," tambah dia

 

Aviliani melanjutkan, pengganti Menkeu harus segera ditetapkan, pasalnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Radjasa tidak bisa memegang dua jabatan sekaligus.

 

Dia menjelaskan, sebagai Menko, tugas Hatta sudah sangat untuk mengoordinasi menteri-menteri lain mengenai kinerja keuangan dan sebagainya. "Ditambah lagi harus menjabat sebagai Menkeu, itu akan sangatlah berat," tukas dia.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini