Image

Wah, RI Punya 100 Miliar Barel Cadangan Minyak

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 04 Maret 2013, 18:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 03 04 19 770739 jwh6LsUzNL.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Direktur Indonesia Center for Green Economy Darmawan Prasodjo menilai cekungan minyak Indonesia yang dimiliki Indonesia baru sekira 38 persen yang sudah tereksplorasi.

"Padahal Indonesia dinilai mempunyai cekungan-cekungan minyak bumi yang mencapai 128 cekungan minyak," ujar Darmawan, saat Ngobrol Santai, di City Plaza, Jakarta, Senin (4/3/2013).

Darmawan menjelaskan, sulitnya teknologi dan investasi yang sangat mahal membuat 90 cekungan minyak di Indonesia ternyata masih "perawan". Sedangkan cekungan minyak yang dieksplorasi hanya mencapai 38 cekungan.

"Yang lebih mengejutkan, dalam penelitian yang dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BBPT), di Indonesia terdapat potensi kandungan minyak mencapai 100 miliar barel. Hanya saja untuk melakukan kegiatan migas guna melakukan produksi minyak di tempat-tempat tersebut memerlukan biaya yang begitu mahal," tambahnya.

Akibat eksplorasi yang gagal, Darmawan menyebut, dana yang hilang selama tiga tahun terakhir ini sudah mencapai USD1,8 miliar atau sekira Rp18 triliun.

"Saya berharap pengelolaan industri migas nasional harus kembali disusun secara lebih segar dan cantik agar ke depan industri migas nasional dapat menjadi andalan kembali sektor keuangan nasional," tutupnya.

(gnm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini