Share

Denmark Berikan RI Hibah USD50 Jt

Fakhri Rezy, Jurnalis · Senin 04 Maret 2013 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 04 20 770498 4Lr7iGJnct.jpg Ilustrasi. (Foto: Corbis)

JAKARTA - Denmark memberikan dana hibah kepada Indonesia sebesar USD50 juta. Bantuan tersebut merupakan kerjasama di bidang program lingkungan, energi terbarukan, dan perubahan iklim.

"Indonesia dan Denmark sudah menyepakati kerjasama sumber daya alam dan lingkungan. Denmark akan menginvestasikan USD50 juta di Indonesia untuk mengatasi environemental concern untuk pembangunan Indonesia," kata Menteri Perdagangan dan Investasi Denmark Pia Olsen Dyhr, di Bappenas, Jakarta, Senin (4/3/2013).

Pia mengatakan, hal ini dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia, namun tetap menjaga sustainable economy. Pasalnya, sejak 1980 investasi Denmark telah meningkat tiga kali lipat selama menerapkan pembangunan environmental.

"Pengalaman ini ingin kami bagi dengan Indonesia, kami bisa explore energi tapi bisa juga sektor lain. Bagaimana bisa lebih efisien dengan penggunaan air?" ujar Pia.

Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana mengatakan kerjasama dengan pemerintah Denmark berupa environmental support program yang sudah masuk tahap ketiga.

Intinya capacity building bagaimana implemetasi strategic environmental assessment, atau harus kajian strategi lingkungan hidup strategis. "Nah itu bagaimana supaya pembangunan kita ekonomi, semua MP3EI berkelanjutan, aspek management pengelolaan lingkungan jadi bagus," tutup dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini