nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembebasan Lahan Ganjal Pembangunan Infrastruktur

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2013 09:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 03 20 320 778511 F2Uraq3Tbs.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

LAMPUNG - Pemerintah terus berusaha mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Tanah Air dengan program-programnya. Beberapa proyek pun dikebut untuk demi membuat ekonomi Indonesia bertumbuh secara merata.

Kepala Divisi Humas dan Promosi KP3EI Edib Muslim mengungkapkan, proyek-proyek yang saat ini tengah diupayakan percepatannya antara lain adalah pembangunan jalan tol, pembangunan jalan, maupun pembangunan pelabuhan.

Namun dia mengungkapkan, terdapat kesulitan dalam mengembangkan proyek-proyek tersebut. Oleh karena itu, dia menjelaskan pembangunan infrastruktur tersebut dapat berjalan lancar jika tidak melibatkan pembebasan lahan.

"Lebih mudah jika proyek tersebut hanya berhadapan dengan ikan, jadi enggak perlu berurusan dengan pembebasan lahan," kata dia di Novotel, Lampung.

Dia menjelaskan, harga tanah dapat berubah drastis, ketika ada kabar bahwa tanah tersebut akan digunakan pemerintah untuk membangun jalan. "Ya memang itu menjadi salah satu kendala, kalau kamu punya tanah juga pasti dimahalin kan jualnya," kata dia.

Meski demikian, dia mengatakan saat ini sudah terdapat solusi untuk menekan harga jual tanah yang gila-gilaan tersebut. "PP Pembebasan lahan itu jadi bisa dibatasi harga tanah yang akan dijual," kata dia.

Namun, dengan keberadaan PP tersebut tidak akan lantas menjadi solusi. Menurut dia, pembebasan lahan juga harus disinergikan yakni dengan, Badan Pertanahan Nasional (BPN), peraturan terkait tata ruang, dan perizinan dari Kementerian Kehutanan.

"Jadi ada tiga permasalahan itu saja. Kalau sudah sinkronisasi sudah bisa dilakukan," tuturnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini