nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI: Ada Pencurian Data Kartu pada Body Shop

Gina Nur Maftuhah, Jurnalis · Senin 25 Maret 2013 08:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 03 25 457 780810 SxUpeCDVLT.jpg Ilustrasi. (Foto: Ist)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menduga ada pencurian data lewat kartu saat transaksi pada sebuah merchant peralatan kecantikan. Oleh karena itu, BI melakukan penelitian terkait dugaan tersebut.

"BI telah melakukan penelitian terkait dugaan pencurian data pada kartu kredit dan atau kartu debit dari penerbit Indonesia, saat transaksi pada merchant Body Shop," kata Kepala Biro Humas BI Difi Johansyah dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/3/2013).

Dia mengungkapkan, penelitian dilakukan bersama sama dan dengan berdasarkan laporan dari Asosiasi Kartu Kredit Indonesia, VISA, dan Penerbit atau Acquirer Kartu Kredit.

"Bank Acquirer yakni penerbit kartu kredit yang sekaligus juga melakukan pemrosesan data, sederhananya adalah penerbit kartu kredit yang menempatkan EDC di merchant merchant. Tidak semua penerbit kartu kredit adalah acquirer," jelasnya.

Difi menambahkan, permasalahan pencurian data ini hanya terjadi pada kartu dengan swipe, dan tidak terjadi pada sistem Chip. "Data pada kartu kredit yang menggunakan Chip adalah terenkripsi," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini