nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bawang Lebih Murah di Supermarket, Ini Jawaban Carrefour

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 03 April 2013 16:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 04 03 320 785736 BbztHp1FDa.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Sekjen Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Satria Hamid mengatakan jika jalur distribusi komoditas bawang aman dan tidak ada gangguan, maka harga produk akan lebih kompetitif. Pasalnya, harga bawang putih di ritel modern lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar tradisional.

Menurut Hamid, harga satu kilogram (kg) bawang putih di ritel modern Rp23.700 ribu, sedangkan di pasar tradisional mencapai Rp30 ribu per kg.

"Kami berharap bisa membuster petani untuk didekatkan ke sektor ritel dan semoga petani dapat meningkatkan kualitas dan berdaya saing," kata Satria, seusai acara "Farmers Week 2013", di Gerai Carrefour, Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Satria melanjutkan, dengan pembelian hasil produk petani kepada ritel, bisa membuat harga yang lebih kompetitif dibandingkan petani harus menjualnya kepada pihak tengkulak.

"untuk saat ini masih sulit konsistensi pembelian petani ke ritel karena soal cuaca dan tanah yang tidak dapat diprediksi," tambahnya.

Karena itu, Satria mengaku, bahwa pihaknya sudah memberi masukan kepada pemerintah terkait dengan pembatasan impor hortikultura agar pemerintah memberi jalan untuk petani produk hortikultura dapat menjual hasil taninya kepada sektor ritel.

"Pemerintah dapat membina para petani untuk akses masuk ke ritel tanpa ada perantara lagi," tutupnya.

(gnm)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini