SBY: Pengusaha Jangan Jago Kandang

Rezkiana Nisaputra, Jurnalis · Kamis 18 April 2013 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 18 320 793628 GdIMVVO3NC.jpg Presiden SBY (Foto: Koran SI)

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut pengusaha Indonesia memiliki berbagai tantangan dalam mengembangkan kariernya. Namun, hambatan itu membuat mereka menjadi macan Asia dan bukan macan kandang.

"Pilihannya ada dua, mau jadi macan kandang atau macan Asia. Dari semua itu, apa yg harus dilakukan, kebijakan, strategi, dan langkah-langkanya seperti apa," ujar SBY, dalam Presidential Lecture saat Acara Indonesia Young Leaders Forum II 2013, di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Menurut SBY, Indonesia memiliki modal dasar, seperti SDA dan juga hubungan baik dengan luar negeri yang dapat menjadi penangkal krisis yang datang dari luar.

"Tapi tentu ada tantangan yang harus kita jawab dan atasi bersama. Saya punya list, daftar, tantangan tdk sedikit. Pertama SDA, demografic dividen, tingkat pendidikan. Kita punya human resources yang berkontribusi terhadap ekonomi kita," tambah dia.

Selain itu, masalah logistik nasional yang belum efisien juga menjadi perhatian pemerintah.

"Iklim investasi bisnis termasuk yang di daerah juga belum bagus. Perbankan kita juga dinilai masih kalah efisien dbanding negara ASEAN. Ini tugas bersama bukan hanya pemerintah tetapi perusahaan-perusahaan," pungkasnya.

(gnm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini