Inacraft 2013, Ajang 'Pamer' Produk Kerajinan Jawa Timur

Hendra Kusuma, Jurnalis · Senin 22 April 2013 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 22 320 795394 qmS1WCDjhY.jpg Ilustrasi. (Foto: Koran SI)

JAKARTA - Jawa Timur memiliki potensi produksi kerajinan yang besar, serta peluang bisnis yang baik untuk dikembangkan. Oleh karena itu, Inacraft 2013 membidik Jawa Timur sebagai ikon utama di acara tersebut.

"Produk unggulan yang nantinya mampu mengambil bagian dalam meningkatkan ekspor produk kerajinan Indonesia," kata Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Produsen Kerajinan Indonesia (Asephi), Rudi Lengkong saat konferensi pers di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Rudi menambahkan, Inacraft tidak hanya sekedar kegiatan pameran yang mengutamakan segi transaksi jual beli, acara ini juga memberikan apresiasi kepada produk unggulan khas Indonesia, yang bertujuan memacu dan mengasah kreativitas perajin untuk selalu melakukan inovasi terhadap produknya.

Selain itu, Inacraft bertujuan untuk memfasilitasi produk-produk kerajinan Indonesia untuk dapat naik ke jenjang yang lebih tinggi serta mengangkat derajat produk kerajinan Indonesia. "Produk kerajinan Indonesia memiliki nilai jual, dan semoga dapat bersaing dengan produk asing yang sejenis di pasar Internasional," kata dia.

Menurut Rudi, maksud dan tujuan pameran ini memberi prioritas produk-produk yang ramah lingkungan yang didasarkan pada pemanfaatan bahan baku produk yang tersedia di Indonesia maupun proses pembuatannya.

"Produk ramah lingkungan menjadi produk yang diperhitungkan dalam skala industri kerajinan di dunia dan semakin diminati oleh pasar nasional maupun internasional," tutupnya.

Sekadar informasi, barang-barang kerajinan yang akan dipamerkan, antara lain berbagai produk kerajinan tangan dan tekstil seperti batik, tenunan, bordir, songket, ikan dan beragam asesoris, kerajinan kayu seperti patung serta furnitur berukir.

Bingkai lukisan, mainan edukasi untuk anak-anak dan sebagainya, barang-barang perhiasan dari emas, perak dan batu permata, barang kerajinan keramik, pottery dan gerabah, home decoration dan ribuan jenis barang kerajinan lainnya.

Inacraft kembali diselenggarakan untuk ke 15 kalinya, selama lima hari mulai 24-28 April 2013 bertempat di JCC. Dimana pameran kerajinan Indonesia terbesar yang diselenggarakan setiap tahun sejak 1999 ini diselenggarakan oleh ASEPHI bekerja sama dengan PT Mediatama Binakreasi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini