nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indo Premier Investment Luncurkan 2 Produk ETF

Rezkiana Nisaputra, Jurnalis · Selasa 30 April 2013 11:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 04 30 278 799740
JAKARTA - PT Indo Premier Investment Management (IPIM) meluncurkan dua produk Exchange Traded Fund (ETF) terbarunya yaitu ETF Syariah berbasis ekuitas pertama dan ETF pertama dengan pengelolaan aktif yang bertema konsumer.

Produk tersebut masing-masing diberi nama Premier ETF Syariah Jakarta Islamic Index (JII) dengan kode perdagangan XIJI dan Premier ETF Indonesia Consumer dengan kode perdagangan XIIC.

Presiden Direktur IPIM John D Item mengatakan, kedua ETF tersebut diharapkan dapat memberikan pilihan bagi investor untuk mengambil peluang dalam pergerakan pasar saham Indonesia.

"Kami memenuhi janji pada para Investor dan Otoritas Pasar Modal untuk memperkaya ragam produk ETF di Indonesia yang sekaligus memenuhi mimpi kami di IPIM, kami selalu yakin bahwa investor Indonesia berhak uintuk memeperoleh alternatif investasi yang fleksibel, mudah dan murah sehingga permudah pencapaian target imbal hasil portfolio mereka," ujar John D Item saat peluncuran Premier ETF Syariah JII (XIJI) dan Consumer XIIC di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (30/4/14).

John menjelaskan, Premier ETF Syariah JII terlahir lima bulan setelah IPIM menerima opini syariah dari penasihat syariah yang ditunjuk oleh dewan syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). XIJI mengacu pada JII yaitu sebuah indeks saham syariah yang diterbitkan oleh BEI berisikikan 30 saham yang memenuhi kriteria syariah yang telah ditetapkan oleh OJK.

XIIC merupakan produk ETF ekuitas pertama yang dikelola secara aktif, dimana manajer investasi memiliki kewenangan untuk menentukan emiten yang masuk dalam port folio XIIC.

"IPIM memilih tema Consumer Related dilatarbelakangi oleh struktur demografi penduduk Indonesia yang didominasi oleh angkatan kerja usia produktif, pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang diharapkan stabil di level enam sampai tujuh persen dalan lima tahun kedepan dan PDB yang masih didominasi oleh konsumsi domestik," tukasnya.`

Sedangkan untuk dua produk tersebut, IPIM telah menggandeng Deutsche Bank, AG cabang jakarta sebagai Bank Kustodian dan PT Indo Premier Securities sebagai Dealer Partisipan.

Selain itu, Indonesia Head Of Global Transaction Banking and Direct Securities Service dari Deutsche Bank AG Cabang Jakarta, Elwin Karyadi mengatakan, bahwa pihaknya senang karena telah di pilih IPIM sebagai Bank Kustodian dari produk ETF mereka baru diluncurkan ini.

"Kami senantiasa siap mendukung IPMI dalam membesarkan ETF-ETF dan Reksa Dana mereka yang lainnya di pasat yang dinamis dan menarik ini," imbuhnya.

Direktur Indo Premier Securities Noviono Darmosusilo menambahkan, keunggulan dari dua ETF tersebut adalah, ETF akan menjadi instrument investasi yang dapat dimanfaatkan investor asing maupun domestik dalam menghadapi volatilitas pasar saham seperti saat ini. Keunggulan ETF berupa transparansi penuh, fleksibilitas tinggi, perhitungan harga setiap saat selama jam bursa, serta kecepatan eksekusi melalui penerapan teknologi yang mutakhir, dan memungkinkan investor untuk memiliki kontrol penuh pada tiap kondisi pasar.

"Melalui XIJI, investor akan memiliki 30 saham syariah unggulan yang ada dalam JII hanya dalam 1 klik. Investor dapat dengan cepat meningkatkan atau menurunkan porsi saham ketika kondisi pasar saham bergerak fluktuatif sehingga investor dapat dengan cepat mengambil keuntungan atau menghindari kerugian," jelasnya.

Sementara itu melalui XIIC investor dapat dengan mudah memiliki saham unggulan dari consumer related sector dengan cepat dan efisien sesuai dengan strategi pengelolaan portfolio mereka. (wan)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini