nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Infrastruktur Indonesia, Planning Ada Tapi Lambat

Nur Januarita Benu, Jurnalis · Sabtu 18 Mei 2013 11:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 05 18 471 808966 CoKPcfnLLs.jpg Ilustrasi, Foto: Okezone

JOHOR  - Infrastruktur di Indonesia dinilai lambat. Bila dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia, Indonesia kalah jauh.

Senior Associate Director Advisory & Investment Knight Frank, Fakky Ismail Hidayat mencontohkan dalam hal infrastruktur maupun transportasi publik. Kuala Lumpur sudah memiliki MRT dan monorel, sedangkan Jakarta baru mau diadakan, padahal rencananya sudah ada sejak beberapa tahun lalu.

"Yang terjadi di Indonesia adalah kurangnya komitmen, planning ada tapi sangat-sangat terlambat. Penyelesaian infrastruktur masih kurang cepat. Walaupun Gubernur Jokowi cukup bagus karena mau percepat," ujarnya kepada Okezone.

Selain itu, di Indonesia sering terjadi kebalikan dalam mengembangkan kota baru dan infrastruktur. Tak sedikit pula pihak yang selalu pesimistis sebab hanya berorientasi pada uang.

"Banyak yang tanya mau bangun macam-macam infrastruktur atau fasilitas publik duitnya dari mana? Nah, di sini seharusnya menjadi peran penting perusahaan nasional milik negara untuk mengakuisisi sebanyak-banyaknya lahan untuk land bank di area-area potensial. Sebab, dengan membuka jalur lintasan jalan yang baru otomatis akan menaikkan harga properti di kawasan tersebut," ungkap Fakky.

(nia)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini