nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Subsidi Listrik Bakal Naik Jadi Rp100 T

Fakhri Rezy, Jurnalis · Senin 27 Mei 2013 13:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 05 27 20 813208 9YsnNzEVAH.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merevisi naik subsidi listrik APBN-Perubahan 2013. Subsidi listrik akan naik menjadi Rp100 triliun dari sebelumnya Rp80,9 triliun.

Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar mengatakan, kenaikan Tarif Tenaga Listrik (TTL) sebesar 15 persen yang sudah dilakukan sejak awal tahun ternyata belum mempengaruhi beban subsidi listrik dalam APBN. Pasalnya, harga ICP meningkat dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah.

"Nah, ini berimplikasi kepada pengeluaran-pengeluaran keseluruhan bukan hanya subsidi, jadi sebenarnya apa yang terjadi implikasi perubahan nilai tukar, tentu berlaku untuk semua pengeluaran lain yang ada kaitannya dengan penggunaan mata uang asing," katanya saat ditemui di DPR RI, Jakarta, Senin (27/5/2013).

Mahendra mengatakan, perbedaan harga minyak dunia juga berdampak pada penerimaan negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), sehingga asumsi makro mengalami perubahan. Menurut dia, saat ini Kemenkeu belum menerima laporan dari PT PLN (persero) terkait kenaikan TDL yang diberlakukan awal tahun.

"Dengan adanya perubahan-perubahan yang dilakukan dalam tarif listrik, mestinya tidak terlalu jauh (subsidi), namun saya enggak bisa mengonfirmasi sekarang," ujar Mahendra.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini