Image

Pengiriman Pos Saat Lebaran Bisa Naik 3x Lipat

Hendra Kusuma, Jurnalis · Jum'at 07 Juni 2013, 17:39 WIB
https img z okeinfo net content 2013 06 07 320 818782 JqH0g6m1U1 jpg ilustrasi: (foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) mengalami kenaikan volume pengiriman menjelang Hari Raya Lebaran. Saat menjelang Hari Raya Lebaran, peningkatan meningkat tiga kali lipat dari volume dibulan-bulan biasa.

"Kalau Lebaran bisa tiga kali lipat. Bisa sampai 180 ton," jelas Direktur Surat dan Parcel Pos Indonesia Ismanto, di gedung World Trade Center (WTC), Jakarta, Jumat (7/6/2013).

Ismanto menjelaskan, pihaknya sudah sangat siap untuk menghadapi kenaikan volume tersebut. Dirinya mengaku seluruh pegawai secara operasional dapat mengatasi kelonjakan tersebut.

"Lebaran kita siap, seluruh pegawai secara operasional untuk mengatasi seluruh lonjakan, karena kiriman itu bersifat prioritas," tambahnya.

Dengan lonjakan volume di hari Lebaran, Ismanto mengaku akan mensetting ulang oprasional pengiriman barang atau paket, karena sudah dipastikan pada hari-hari menjelang Lebaran, jalur pendistribusian akan lebih padat dari hari biasanya.

"Saat yang bersama akan mengalami kepadatan, pesawat akan penuh, kita akan mengulang setting operasi. Mutu operasional yang harus diperbaiki," jelasnya.

Tidak hanya itu, Ismanto mengungkapkan bahwa volume pengiriman Pos Indonesia masih didominasi di daerah pulau Jawa. Di mana komposisi Pulau Jawa sebesar 80 persen dan sisanya daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

"Paling banyak wilayah Jawa, Jawa ke Jawa, Jawa 80 persen, kedua Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, kebanyakan merchandise," katanya.

Sedangkan untuk pengiriman kelas regional, Imanto memaparkan paling besar Jakarta, lalu Bali. "Regional Jakarta baru Bali. Dari Bali ke Asia Tenggara, Australia, Jepang, Singapura, Malaysia, bentuknya pakaian, benda seni, barang dagangan," tutupnya. (wan)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini