nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Mampu Atasi Kenaikan Harga?

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 17 Juni 2013 18:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 06 17 20 823305 Szt9KWRE4s.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) menilai rencana pemerintah yang akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada pekan ini telah menimbulkan gejolak di berbagai daerah.

Direktur Eksekutif Puskepi Sofyano Zakaria mengatakan, kabar kenaikan harga BBM yang telah disosialisasikan oleh pemerintah selama beberapa bulan terakhir telah berdampak sangat luas di masyarakat.

"Harga-harga kebutuhan pokok bahkan mulai melambung mendahului (kenaikan) harga BBM," ungkap Sofyano dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (17/6/2013).

Sofyano menjelaskan, sebenarnya masyarakat tidak akan mempermasalahkan jika naiknya harga BBM, tetapi Pemerintah harus mampu menjamin bahwa harga-harga bahan pokok dan lain-lain kebutuhan masyarakat tidak ikut naik. "Tapi apa pemerintah bisa dan mampu jamin itu? Ini yang menjadi permasalahan utama," tegasnya.

Menurutnya, jika pemerintah berani menjamin dan membuktikan bahwa harga-harga kebutuhan hidup tidak naik akibat naiknya BBM bersubsidi, pasti rakyat tidak akan mempermasalahkan itu.

"Namun pengalaman yang ada selama ini, ketika harga BBM naik maka harga-harga kebutuhan hidup ikut naik dan ternyata pemerintah tidak mampu mengatasi itu. Bahkan pejabat pemerintah menutup mulut ketika itu terjadi dan sudah merasa puas karena telah berhasil menaikan harga BBM," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini