nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kementerian BUMN Gelar BUMN Innovation Award

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2013 15:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 06 19 320 824408

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar BUMN Innovation Award. Hal ini dinilai berguna mempercepat tumbuhnya budaya inovasi di lingkungan BUMN.

Staf Ahli Bidang SDM & Teknologi Kementerian BUMN Pandu Djajanto berharap acara ini mampu meningkatkan daya saing, kinerja, dan kontribusi BUMN dalam pembangunan nasional.

"Kementerian memberikan apresiasi kepada BUMN-BUMN yang telah berhasil melakukan inovasi di bidang teknologi dan produk, termasuk BUMN yang telah berperan aktif dalam mendorong berkembangnya semangat dan praktek inovasi di Indonesia," kata Pandu, di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Pandu menjelaskan, kegiatan ini berfokus untuk mendorong munculnya inovasi teknologi dan produk unggulan BUMN. Karena, BUMN harus mampu menjadi penggerak inovasi di Indonesia. Pasalnya, banyak teknologi dan produk unggulan BUMN yang terbukti mampu bersaing di pasar, serta patut menjadi kebanggaan bersama.

Tidak hanya itu, melalui inovasi teknologi dan produk unggulan yang ada, BUMN siap menghadapi era Asean Economiy Community (AEC) yang berlaku pada 2015 mendatang. "BUMN-BUMN kita sangat concern terhadap perkembangannya, inovasi teknologi dan produk," jelasnya.

Oleh karena itu, dengan acara ini, mampu membuat budaya berkompetisi dalam inovasi harus dilakukan untuk mendorong berkembangnya inovasi unggulan di Indonesia. Maka dari itu, kata Pandu, untuk menilai inovasi tersebut, Kementerian BUMN mempercayakan proses penilaian kepada para pakar dari beberapa institusi yang kredibel dan independen. Antara lain, BPPT, CIS School of Innovation, FORTI (Forum TI) BUMN, Majalah iTech, serta para ahli dari ITB dan ITS.

Adapun, katagori penghargaan yang diberikan berdasarkan kelompok sektor usaha BUMN, yang terdiri dari sektor logistik, infrastruktur, jasa keuangan, energi pertambangan, agrobisnis, dan manufaktur. Kementerian juga akan memberikan penghargaan kategori khusus, yakni terkait dengan Green Product, Green Technology, Innovation Commitment for SMEs, dan Culture Innovation.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini