nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gandeng Telkom, BRI Masuki Industri Branchless Banking

Rezkiana Nisaputra, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2013 14:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 06 20 457 824928 B66f5BzPGT.jpg Logo BRI. (Foto: BRI)

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (BBRI) menggandeng PT Telkom Tbk (TLKM) untuk memperluas layanan perbankannya di segi financial inclusion. Financial inclusion adalah kemampuan individu terutama unbankable people untuk mengakses produk dan jasa keuangan seperti tabungan dan kredit.

Sekretaris Perusahaan BRI Muhammad Ali mengatakan, sistem financial inclusion yang dimaksud merupakan sistem penyedia transaksi keuangan berbasis e-Money Server Based menggunakan Mobile Number sebagai Account Number (nomor rekening) yakni dengan nama T-bank.

"Ini perluasan layanan tanpa ke bank yang menggunakan konsep keagenan (agent based). Jenis layanan dari financial inclusion ini juga beragam meliputi e-Money, Payments, Purchasing, Funding dan Lending," ujar Ali saat launching produk branchless banking BRI (T-BANK) di Jakarta, Kamis, (20/6/2013).

Dia menuturkan, Telkom menyiapkan infrastruktur teknis mulai dari sistem hingga aplikasi beserta anak perusahaan yang nantinya akan ikut mendukung segala kebutuhan BRI.

"Melalui layanan T-BANK ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat luas, sehingga ini bisa memberikan sumbangsih dalam usaha meningkatkan perekonomian masyarakat serta menjadi kontributor bisnis yang signifikan bagi BRI," tukasnya.

Lebih lanjut Ali menambahkan, peluncuran T-BANK ini merupakan salah satu bank peserta uji coba layanan Branchless Banking yang telah diluncurkan BI pada 15 Mei 2013 lalu.

"Program financial inclusion merupakan salah satu kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia untuk sediakan akses keuangan yang mudah dan murah bagi unbankable people yang dibangun melalui kolaborasi Bank dan Telco (Hybrid)," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini