nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Humpuss Bakal Konversi Utang Rp1,4 T Jadi Saham

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Kamis 27 Juni 2013 16:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 06 27 278 828579 bGbYeWPwco.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) mengaku telah memiliki cara untuk melunasi hutangnya sebesar Rp2,5 triliun. Perseroan memilih mengonversikan utangnya menjadi saham atau debt to equity swap (DES).

Direktur Utama HITS Theo Lekatompessy mengungkapkan, rencana tersebut telah disampaikan kepada pemegang saham dalam RUPS. Rencananya sebesar 58 persen dari total utang atau Rp1,4 triliun dilakukan dengan cara DES. Sementara sekira 22 persen utang akan dibayarkan dengan cara biasa mulai tahun ini hingga 2033 mendatang.

"Sisa utang tersebut atau 20 persen akan dibayarkan setelah jatuh tempo yang lebih panjang dari 2033, namun untuk rinciannya kami masih menunggu persetujuan pemegang saham," jelasnya di Financial Club, Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Theo menambahkan, ada beberapa hal yang mendasari pengambilan opsi pembayaran utang dengan cara dikonversi. Pertama skema tersebut akan membuat beban utang HITS berkurang. Kedua, jumlah saham HITS jadi lebih banyak.

Ketiga, dengan bertambahnya saham membuat modal bertambah dan otomatis pada saldo laba HITS kembali positif. Lalu keempat saldo laba yang positif ini akan membuat perseroan mampu membagikan dividen. "Sudah ada empat kreditur yang tertarik, tapi pemegang saham mayoritas tetap kami," imbuh dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini