"Bukan OJK yang Setop Usaha Ustadz Yusuf Mansyur"

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 29 Juli 2013 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 29 457 844087 i2R9dKYlqg.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Usaha Patungan Ustadz Yusuf Mansur sudah dihentikan, lantaran menimbulkan kontroversi. Namun, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diklaim tidak pernah menyetop dana yang digalang oleh Ustadz Yusuf Mansyur tersebut.

Ketua Tim Kecil Patungan Usaha Ustadz Yusuf Mansur, yang juga sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aries Mufti mengatakan, pemberhentian penggalangan bisnis patungan usaha inisiatif dilakukan oleh Ustadz Yusuf Mansur.

"Bukan OJK yang menyetop dana penggalangan Ustadz Yusuf Mansyur. Tetapi yang memberhentikan beliau sendiri. Jadi saya tegaskan, tidak ada OJK menyetop dana yang digalang oleh Ustadz Yusuf Mansyur," ujar Aries kepada wartawan di Gedung OJK, Senin (29/7/2013).

Aries menjelaskan, Ustadz Yusuf Mansyur memberhentikan usaha penggalangan dana yang dilakukannya, karena saran dari Menteri BUMN Dahlan Iskan. Pasalnya, usaha ini belum memiliki legalitas yang sah, sehingga belum ada badan hukum yang jelas. "Untuk itu usaha penggalangan dana tersebut disarankan agar menjadi perusahaan publik," jelas Aries.

Menurut Aries, bisnis patungan usaha yang dilakukan Ustadz Yusuf Mansyur sudah mencapai sebesar Rp20 miliar dengan lebih dari 300 pihak. Sehingga, OJK meminta agar usaha yang dilakukan oleh Yusuf Mansyur menjadi perusahaan publik.

"Perusahaan publik itu memiliki batasan, batasan jumlah dananya juga harus jelas. Dan sebagai tim, kita akan konsolidasi dahulu dan tetap kita akan menuruti semua arahan yang diberikan oleh OJK," kata dia.

"Agar semua proses dan perjalanan yang dilakukan berjalan lancar. Sehingga, usaha penggalangan dana bisa lebih jelas di mata masyarakat banyak," tukasnya.

()

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini