Hendar Dilantik Jadi Deputi Gubernur BI

Rezkiana Nisaputra, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2013 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 02 20 846338 DOwp0Q1xGe.jpg Suasana pelantikan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Hendar. (Foto: Rezkiana Nisaputra/Okezone)

JAKARTA - Hari ini Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Hendar diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali di Mahkamah Agung Jakarta. Adapun pengambilan sumpah ini sesuai dengan Surat Keputusan Presiden No.89/P tahun 2013 tanggal 27 Juli.  

"Berdasarkan Surat Keputusan nomer  89/P tahun 2013 tanggal 27 Juli 2013, pada hari ini saudara Hendar telah diangkat Deputi Gubernur BI, sebelum memangku jabatan sebagai Deputi Gubernur saudara wajib mengucap sumpah jabatan, menurut agama saudara," ujar Hatta Ali di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat (2/8/2013).

 

Hendar mengucapkan sumpahnya di depan seluruh jajaran Mahkamah Agung dan pejabat Bank Indonesia. Hendar berjanji dirinya akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya menjadi Deputi Gubernur BI.

 

"Demi Allah saya bersumpah menjadi Deputi Gubernur BI untuk langsung atau  tidak langsung, tidak memberikan atau menjanji sesuatu kepada siapa pun juga, saya bersumpah akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya setia pada konstitusi negara," tukasnya.

 

Pada pengambilan sumpah ini, turut dihadiri oleh Wakil Ketua Makamah Agung Yudisial, Wakil Ketua MA bidang Non Yudisial, para Ketua Muda Makamah Agung, Hakim Agung, Gubernur BI beserta jajarannya, Mantan Gubernur BI, Menteri Keuangan, para Pejabat eselon I dan II dan kalangan perbankan.

 

Sebagai informasi, Hendar adalah salah satu dari 3 kandidat yang telah diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yakni untuk menggantikan Muliaman D Hadad, yang telah mengundurkan diri menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan.

 

Latar belakang pria asli Bandung kelahiran 1957 ini adalah meraih gelar Sarjana Ekonomi di Universitas Padjadjaran. Dia juga meraih gelar MA bidang Ekonomi Pembangunan Centre for Development Economics, William College AS, dan mendapatkan gelar doktor bidang ekonomi Universitas Padjadjaran.

 

Dirinya  memulai karier di BI dari posisi Staf Urusan Kredit Umum BI pada 1983. Lalu menjadi Kabiro Kebijakan Moneter pada 2004. Pada 2009, ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter. Hendar diangkat menjadi Asisten Gubernur BI pada awal 2013.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini