nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menengok Pasar Baju Bekas di Senen

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2013 07:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 08 11 320 848742 lQqDqbZ8jl.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menyambut Lebaran identik dengan baju baru, tapi bagaimana bila baju yang digunakan adalah baju bekas pakai. Pasar Senen merupakan salah satu pasar yang menyediakan baju-baju bekas impor, tentu dengan model yang bervariasi serta harga yang sangat murah.

Meskipun bekas pakai, namun baju bekas impor ini memiliki banyak penggemar terutama menjelang Lebaran, tak heran saat mengunjungi pasar ini, pembeli begitu membludak.

Namun ternyata baju bekas ini bukan merupakan hal baru, dahulu baju seperti ini hanya ada di wilayah pelabuhan di Kepulauan Batam, Kalimantan, Sulawesi dan Medan sebelum akhirnya merambah ke Pulau Jawa.

Baju bekas tersebut berasal dari Singapura, Jepang, Korea, China, Thailand dan negara lainnya. Baju ini didatangkan secara langsung dari negara tersebut melalui pelabuhan dan nantinya didistribusikan ke kota di Indonesia. Baju bekas ini biasanya dibeli pedagang per karung, satu karung tersebut dibagi menjadi beberapa pilihan, seperti pakaian wanita, pakaian pria, jaket, hingga pakaian dalam.

Harga yang ditawarkan per karungnya juga bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta tergantung banyaknya baju dan model baju dalam karung tersebut. Untuk satu karung dengan isi 100-200 baju bisa dibanderol dengan harga sekira Rp500 ribu-Rp600 ribu atau 800 ribu baju harganya Rp3 juta-Rp4 juta.

Seorang penjual baju bekas, Rizal, mengatakan bahwa setiap bulannya rata-rata dia membeli tiga karung dengan isi sekira 500 potong, harga per potongnya ia jual Rp5 ribu hingga Rp20 ribu per potong.

"Satu karung itu kan kita bisa pilih mau yang gimana, kalau saya lebih memilih pakaian perempuan seperti rok, celana dan berbagai jenis model baju perempuan," katanya kepada Okezone di Jakarta.

Dari pantauan Okezone, pasar ini memiliki tiga lantai dan hampir semuanya menjual barang bekas, kaos, jaket, pakaian dalam, blouse, blezer, jas, sweater, celana jeans, coat, sepatu, tas, hingga aksesori.

Harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi, dari mulai Rp1.000 hingga Rp5.000 untuk satu potong kaos, atau per dua potong hingga Rp30.000  per potong tergantung jenis baju yang anda beli.

Selain itu Untuk sepatu dan aksesori bisa dibeli dari harga Rp5.000 hingga 100.000. Jika anda jeli beberapa merek terkenal seperti Gucci, Guess, dan Hermes dapat anda temukan, namun harga sekira ratusan ribu.

"Murah, barangnya juga bagus kalau kita bisa pilih, ada juga yang branded cuma Rp200 ribu tapi kita harus bisa tawar," kata seorang pembeli, Rina.

()

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini