Image

George Soros Jatuh dari Tampuk Manajer Investasi Terkaya

Dina Mirayanti Hutauruk, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2013, 21:06 WIB
https img okeinfo net content 2013 08 17 213 851073 q97sCHBIpF jpg George Soros temui Menteri Kehutanan, Zulkfli Hasan di Kementerian Kehutanan, Jakarta Pusat, Kamis 22 Juli 2010 silam. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA- Manajer investasi merupakan orang yang bekerja dalam manajemen profesional yang mengelola beragam sekuritas atau surat berharga seperti saham, obligasi dan aset berharga lainnya. Tugas mereka adalah membuat klien bisa mencapai target investasi yang berlimpah. 

Mereka merupakan orang-orang profesional yang mendapat fee menggiurkan dari rata-rata dana yang mereka kelola. 

Therichest, Sabtu (17/8/13), merilis 10 nama manajer investasi dengan bayaran tertinggi di dunia beserta pendapatan mereka dalam tahun terakhir ini. 

Yang mengagetkan adalah nama George Soros, investor keuangan kaliber internasional, tidak berada di papan atas.  Dia yang dikenal bertangan dingin di pasar keuangan terpaksa tersungkur di nomor 5 manajer investasi dunia. 

Majalah Forbes pada 2012 lalu sempat merilis bahwa kekayaan miliarder asal AS itu merosot tajam sekitar USD3 miliar hanya dalam kurun waktu satu tahun. Jumlah harta George Soros mencapai USD19 miliar per September 2012 . Soros jatuh ke posisi 15 orang terkaya di AS, dari posisinya di peringkat  ke-7.

Berikut daftar selengkapnya : 

1. David Tepper dengan pendapatan USD2,2 miliar

Merupakan Aktor utama di balik Appaloosa Management, sebuah perusahaan pengelola dana sebesar USD15 miliar dengan rata-rata perolehan return 30 persen setiap tahun sejak 1993. Waktu membuktikan Tepper selalu menjadi kunci dalam pengelolaan dana, karena ia selalu berhasil untuk berinvestasi dan bertaruh pada saham dan surat berharga di saat yang penting. 

 

2. Carl Icahn dengan pendapatan 1,9 miliar

Pria 77 tahun ini merupakan pendiri Icahn Capital. Meski pun usianya sudah tua, namun dia tetap memiliki sentuhan ajaib dalam menangani hedge fund. Pada tahun 2012, dana kelolaannya mendapat imbal hasil 28 persen, jauh melebihi angka diposting oleh pasar saham dan manajer hedge fund lainnya.

3. Steven Cohen dengan pendapatan USD1,3 miliar

Merupakan pendiri SAC Capital Advisors dan baru saja masuk dalam daftar tokoh kontroversi karena dugaan insider trading. Namun, perusahaan ini dipercaya mengelola aset USD14 miliar.

4. James Simons dengan pendapatan USD1,3 miliar

Merupakan pendiri Renaissance Technologies, sebuah perusahaan pengelola dan USD20 miliar. Simons lulus dari Massachusetts Institute of Technology dan menjadi seorang matematikawan teoritis dan pemecah kode untuk Departemen Pertahanan selama Perang Vietnam.

Dia kemudian memimpin Departemen Matematika dari SUNY Stony Brook dan mendirikan Renaissance pada tahun 1982 di New York dengan menggunakan model komputer untuk menemukan kekurangan dalam sekuritas yang sangat likuid. Tahun lalu, perusahaannya mengalami kerugian. Kendati usianya 74 tahun, namun Simon masih aktif dalam merumuskan strategi untuk hedge fund.

5. George Soros dengan pendapatan USD1,1 miliar 

Merupakan pendiri Soros Fund Management LLC dan mengelola dana USD24 miliar yang sebagian besar merupakan kekayaan pribadinya dan uang berbagai yayasan miliknya. Soros dianggap  sebagai legenda dalam industri keuangan. 

Saat ini Soros telah  menyerahkan operasi sehari-hari perusahaan pada Scott Bessent karena sudah memasuki usia 82 tahun, namun masih tetap terlibat dalam perumusan transaksi. 

6. Ken Griffin dengan pendapatan USD900 juta

Merupakan pendiri dan pemilik Citadel LLC. Perusahaannya telah mengalami beberapa kali kerugian, namun masih tetap berhasil mempertahankan USD14 miliar pada manajemen aset dan kembali bangkit pada dengan memperoleh hasil dana kelolaan 20 persen. Selain dari hedge fund, Citadel juga memiliki bisnis sekuritas yang menyumbang 14 persen dari volume ekuitas konsolidasi di Amerika Serikat. 

7. Ray Dalio dengan pendapatan USD800 juta

Merupakan  pendiri Bridgewater Associates, sebuah perusahaan pengelola keuangan yang didirikan di New York tahun 1975 dan merupakan perusahaan hedge fund terbesar di dunia saat ini yang mengelola puluhan miliar dolar. 

Meskipun hedge fund  yang dia lakukan tidak sebaik yang diharapkan, namun perusahaannya masih dihormati di komunitas keuangan. Dalio telah perlahan mendelegasikan banyak tanggung jawab kepada bawahannya karena sedang fokus menyelesaikan markas baru di Stamford di Connecticut senilai USD750 juta.

8. David Shawdengan pendapatan USD625 juta

Merupakan nohkoda D.E. Shaw & Co, LP. Seorang pemegang PhD dari Stanford. Shaw masih mengarahkan keputusan perusahaan meskipun ia tidak terlibat dengan operasional sehari-hari perusahaan itu lagi. 

9. Leon Cooperman dengan pendapatan USD470 juta

Merupakan pendiri dan pemilik Omega Advisors.  Penduduk asli New York ini memulai kariernya sebagai insinyur kontrol kualitas Xerox pada tahun 1965. Leon kemudian mendapat gelar MBA dari Columbia University sebelum bergabung dengan Goldman Sachs. 

Kemudian dia menjadi ketua manajemen aset dan memutuskan untuk mendirikan Omega pada tahun 1991. Tahun lalu, perusahaannya mengelola dana USD6,6 miliar dan memperoleh return sebesar 25 persen.

10. Daniel Loeb  dengan pendapatan USD425 juta

Merupakan pendiri dan sekaligus CEO Third Point dan saat ini mengelola dana dengan total USD10 miliar. 

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini