Desain Kreatif di RS Agar Anak Tak Ketakutan

Senin 23 September 2013 16:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 09 23 477 870484 QpMHHhxQt6.jpg Ruang CT scanner di Morgan Stanley Children's Hospital yang memberikan efek fantasi. (Foto: News York Daily News)

MESKIPUN para pendesign interior lebih fokus kepada estetika ruang pada hunian jenis rumah atau apartemen, namun tidak tertutup kemungkinan untuk mendandani desain rumah sakit dengan segmen anak-anak.

Pada dasarnya salah satu fungsi desain adalah menegaskan fungsi ruang. Namun dengan desain interior yang kreatif, suasana juga bisa diubah atau disamarkan tanpa mengurangi fungsi ruang tersebut.

Seperti yang diterapkan pada salah satu ruang CT scanner di Morgan Stanley Children's Hospital (MSCH) yang memberikan efek fantasi. Seperti diketahui, langkah medis CT scanner di mata anak-anak bisa menimbulkan efek yang menakutkan. Mengetahui hal ini, maka pihak MSCH mendesain suasana bajak laut. Fungsi desain ini menjadi salah satu topik yang diulas New York Daily News.

Mesin CT scanner dibalut seolah sebagai kapal legkap dengan setir kayu khas kapal laut. Di bagian dinding ruang juga dihiasi dengan gambar hewan yang bisa membuat pasien dengan rilex menjalani pemeriksaan.

Menurut Kepala Radiologi Anak MSCH desain interior tersebut terbukti bisa menjadi ice breacker  atau pemecah suasana dari ketakutan tindakan medik.