Image

Kebutuhan Sapi Kurban di Jawa Barat Diprediksi Aman

Oris Riswan, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2013, 11:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 10 07 320 877576 CnMslnEqTZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

BANDUNG - Kebutuhan sapi untuk kurban di Jawa Barat tahun ini diprediksi aman. Jumlah sapi yang ada diprediksi mampu menutupi kebutuhan yang ada. Kepala Dinas Peternakan Jawa Barat, Koesmayadi, mengatakan belum lama ini pihaknya mengumpulkan data jumlah sapi di Jawa Barat.

 

"Dari 27 kabupaten/kota, data yang terkumpul baru dari 20 daerah," ujar Koesmayadi, di Bandung, Jawa Barat, Senin (7/10/2013).

 

Dari 20 daerah itu, jumlah sapi yang terdata ada sekira 62 ribu ekor. Sedangkan kebutuhan sapi untuk kurban di dua daerah itu sekira 42 ribu.

 

Jumlah itu diprediksi mampu menutupi tujuh kabupaten/kota lainnya. Apalagi tujuh kabupaten/kota lainnya juga memiliki ketersediaan sapi kurban sendiri.

 

"Insya Allah kebutuhan sapi untuk kurban nanti terpenuhi," ungkap Koesmayadi, Senin (7/10/2013).

 

Meski aman, ada kendala dalam menghadapi Idul Adha kali ini. Harga sapi melejit dan diperkirakan akan mencapai Rp52 per kilogram hidup. Sedangkan tahun lalu hanya di kisaran Rp35 ribu per kilogram hidup.

 

"Jadi kalau ketersediaan sapinya aman, tapi harganya mahal karena bakalan sapinya juga mahal," jelasnya.

 

Dengan mahalnya sapi, warga kemungkinan akan banyak yang memilih domba atau sapi untuk hewan kurban. Tapi harganya juga diperkirakan naik karena itu merupakan tren yang terjadi setiap menjelang Idul Adha.

 

Meski begitu, jumlah domba atau sapi juga diprediksi aman. "Populasi domba atau kambing di Jawa Barat ini cukup aman (untuk memenuhi kebutuhan kurban)," tegas Koesmayadi. (kie)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini