Teliti Fluktuasi Saham, 3 Orang Ini Dapat Nobel Ekonomi

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2013 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 14 213 881578 lDkDilLKcd.jpg Ilustrasi. (Foto: Wikipedia)

JAKARTA – The Royal Swedish Academy of Sciences telah memutuskan untuk menerbitkan penghargaan The Sveriges Riksbank Prize dalam Ilmu Ekonomi untuk Mengenang Alfred Nobel 2013 kepada tiga orang. Lantas siapa tiga orang tersebut?

 

Melansir Nobelprize, Senin (14/10/2013), ketiga orang tersebut berasal dari Amerika Serikat (AS) yaitu Eugene F Fama dari University of Chicago, Lars Peter Hansen dari University of Chicago, dan Robert J Shiller dari Yale University, New Haven.

 

Ketiganya mendapat penghargaan untuk analisis empiris terkait penelitian harga aset dalam jangka pendek.

 

Seperti diketahui, tidak ada cara untuk memprediksi harga saham dan obligasi hanya dalam kurun waktu beberapa hari atau minggu. Meskipun memang mungkin untuk melihat bagaimana perkembangan harga ini dalam periode yang lebih lama, seperti tiga sampai lima tahun ke depan.

 

Temuan ini dinilai sangat berdampak baik, mengejutkan, serta kontradiktif. Atas temuan ini, maka Eugene Fama, Lars Peter Hansen, dan Robert Shiller diganjar dengan Nobel.

 

Sekadar informasi, The Royal Swedish Academy of Sciences adalah sebuah organisasi independen yang mempunyai tujuan untuk mempromosikan ilmu dan memperkuat pengetahuan kepada masyarakat.

 

Selama periode 1901-2012, hadiah Nobel dalam ilmu ekonomi diberikan 555 kali untuk 863 orang dan organisasi. Ada juga yang menerima hadiah Nobel lebih dari sekali, ini membuat total penerima nobel mencapai 835 individu dan 21 organisasi.

()

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini