Eugene F Fama, Bapak Keuangan Modern

Silvia Ramadhani, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2013 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 15 22 881891 v3tsRVl75I.jpg (Foto: Getty Images)

 EUGENE F Fama mendapat julukan sebagai bapak keuangan modern. Penelitian keuangannya banyak dikenal, baik di dunia ekonomi maupun komunitas investasi. Dirinya melakukan identifikasi yang kuat dengan penelitian pasar, khususnya terkait hipotesis soal pasar keuangan yang efisien.

 

Melansir chicagobooth, Jakarta, Rabu (16/10/2013), melalui penelitian tersebut ia telah membawa ketegasan empiris dan ilmiah untuk bidang manajemen investasi, mengubah, mengamati dan memikirkan cara pembiayaannya.

 

Tidak pernah lelah berkarya, Fama juga tenar sebagai seorang penulis produktif dan peneliti. Pria yang saat ini menetap di Chicago tersebut telah menulis dua buku dan menerbitkan lebih dari 100 artikel dalam jurnal akademik yang membuat dirinya menjadi salah satu peneliti yang terkenal. Dia fokus pada banyak studi tentang hubungan antara risiko, pengembalian dan implikasi untuk manajemen portofolio.

 

Selama menggarap dunia ekonomi, Dirinya telah meraih banyak penghargaan dan kehormatan.Contohnya saja, pada 2007 lalu ia menerima Fred Arditti Inovation Awards yang diberikan oleh CME, sedangkan saat ini, dalam pengumuman penghargaan Myron S.Sccholes, Fama menjadi pemenang nobel ekonomi.

 

"Eugene Fama telah memiliki wawasan yang tidak terduga ke dalam fungsi pasar, teori asset pricing dan keuangan perusahaan yang telah menguntungkan pasar, dan juga menetapkan latar belakang untuk transfer risiko melalui kontrak berjangka seperti yang diperdagangkan di CME,"ujar Ketua CME Kompetitif Pasar Advisory Counsil.

 

Lebih dari itu, penelitian inovatifnya telah membuatnya berpartisipasi dalam pengembangan banyak produk keuangan baru juga dalam pengembangan kontrak jangka untuk membatasi risiko.

 

Selain itu, Fama juga merupakan penerima hadiah utama dari Bank Deutsche Prize di bidang Ekonomi Keuangan (2005), penghargaan Morgan Stanley American Finance Association Award untuk Katiegori Keunggulan dalam Keuangan (2007), dan Hadiah Onassis Keuangan (2009). Penghargaan lainnya yang di dapat Fama yaitu,  telah menerima sekitar 1.982 Chaire Francqui ( Belgia Sains Nasional Prize ) dan Nicholas Molodovsky Award dari CFA Institute (2006) mengakui karyanya dalam teori portofolio dan harga aset .

Makalah Fama "The Cross- Section of Expected Stock Returns" dengan Kenneth R. Perancis juga keluar sebagai pemenang utama Smith Breeden tahun 1992 serta penghargaan untuk kertas saham terbaik dalam Journal of Finance . Makalahnya "Efisiensi Pasar dalam Pengembalian Jangka Panjang dan Behavioral Finance", Fama juga memenangkan DFA pada tahun 1998 untuk makalah terbaik yang dipublikasikan dalam Jurnal Ekonomi Keuangan di bidang pasar modal dan kalkulasi aset .

Tak berhenti di sini, rentetan karier Fama masih cukup panjang dan mengundang decak kagum. Pada tahun 2001 ia terpilih sebagai anggota pertama dari American Association Keuangan dan juga merupakan anggota dari Ekonometrik Society serta American Academy of Arts and Sciences. Fama juga menjadi editor penasehat pada Journal Ekonomi Keuangan .

Pada kesempatan lain, Fama juga menjadi Ketua Pusat Penelitian di Chicago Booth, yang telah didirikan 40 tahun yang lalu untuk menciptakan alat terbaik untuk pelacakan, mengukur , dan menganalisis data sekuritas . Dirinya dipercaya sebagai Direktur dan Konsultan Fund Advisors Dimensi, Inc investasi yang bertugas untuk menasihati perusahaan dengan lebih dari USD251 miliar di dalam manajemennya.

 

Menengok sedikit latar belakang Fama, pria jenius ini memperoleh gelar sarjana dari Universitas Tufts pada tahun 1960, diikuti oleh MBA dan PhD dari University of Chicago Booth School of Business pada tahun 1964. Dia juga telah dianugerahi gelar sebagai dokter sarjana hukum dari University of Rochester , doktor sarjana hukum dari Universitas DePaul , dokter honoris causa dari Universitas Katolik Leuven , Belgia , dan seorang doktor ilmu honoris causa dari Universitas Tufts . Dia juga bergabung dengan fakultas Booth Chicago pada tahun 1963 .

Dalam keluarga besarnya, Fama adalah ayah dari empat anak dan kakek dari sepuluh cucu. Dia penggila selancar dan penyuka pegolf, penggemar opera , dan pemain tenis. Dia adalah anggota dari aula atletik Malden Catholic High School. (rez)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini