2014, Pengguna Kartu Kredit Naik Hingga 16,5 Juta Penggun

Silvia Ramadhani, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2013 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 22 457 885262 l75EIOmNXS.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Jumlah pengguna kartu debit di Indonesia tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan kartu kredit. Hal tersebut disampaikan General Manajer Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Steve Marta.

"Kartu debit yang beredar hingga saat ini ada sekitar 75 juta. Transaksi kartu debit juga akan meningkat pada tahun depan, tetapi tidak berarti juga kartu lainnya ditinggalkan," katanya usai menghadiri acara launching Anggaran Wisata Visa di Publico Reston, Selasa (22/10/2013).

Jika dibandingkan dengan dengan kartu debit, kartu kredit nyatanya memang memiliki peminat lebih sedikit. Menurut Steve hal ini terjadi lantaran kartu kredit memiliki prosedur dan analisis yang lebih mendalam untuk para pemegang kartunya, meski demikian, pada tahun ini jumlah pengguna dan besaran transaksi kartu kredit tidak menurun.

"Kalau grafik itu tidak pernah turun baik dari jumlah kartu maupun nilai transaksi. Ini yang yang akan membentuk segmen-segmen tersendiri di masyarakat. Mereka akan memilih mau bayar pake kartu kredit, atau prepaid atau yang lain itu tergantung mereka," katanya.

"Tahun 2014 ini, kita targetkan jumlah pengguna kartunya naik 15 persen, mencapai 16 juta sampai 16,5 juta. Kalau transaksinya bisa naik sekitar 5 persen, jadi transaksi totalnya bisa sampai 25-an lah, kalau sekarang kan 21-an,"tambahnya.

Steve menambahkan hingga saat ini pihaknya masih belum bisa memastikan, berapa jumlah total orang yang memiliki kartu kredit lebih dari tiga buah. Hal ini penting ditindak lanjutin mengingat pada tahun depan akan diberlakukan sistem pembatasan kartu kredit.

"Informasi yang kita miliki sekarang belum bisa menunjukan secara keseluruhan, apakah seseorang itu punya berapa kartu. Kami juga meminta para pemilik kartu kredit di beberapa bank mengupgrade datanya, ini masih banyak yang belum di upgrade,"tandasnya. (kie)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini