Image

The Fed Terbitkan USD100 Baru, Jangan Tertipu yang Palsu

Silvia Ramadhani, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2013, 12:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 10 23 20 885595 SUIqQfp6xC.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA – The Federal Reserve (Fed) telah melakukan desain ulang pecahan USD100, dalam rangka mencegah maraknya pemalsuan uang. Uang terbaru ini akan menggabungkan fitur anti-pemalsuan yang canggih.

Chief Cashier US Federal Reserve,  Michael Lambert, mengungkapkan guna melindungi uang kertas USD100 dari berbagai bentuk pemalsuan, uang ini memiliki dua fitur keamanan. Pengamanan tersebut yakni pita berwarna biru seperti uang lama dan gambar bel di fitur tintanya.

"Ini memberikan cara yang mudah kepada masyarakat untuk menentukan ini asli atau tidak. Jadi jika uang ini dimiringkan kita akan melihat gambar bel dan angka 100 bergerak dari atas ke bawah," katanya di Pusat Kebudayaan Amerika, Pasific Place, Rabu (23/10/2013).

"Kemudian gambar belnya, warnanya juga bisa berubah-ubah. Bel ini akan berubah warna dari warna tembaga ke hijau," tambahnya.

Selain itu, fitur keamanan lain yang akan dengan mudah dilihat masyarakat adalah adanya potret watermark dari wajah Franklin. "Ini akan terlihat ketika uang kertasnya dipaparkan cahaya," jelas dia.

Dia melanjutkan, uang kertas ini juga memiliki benang pengaman yang sudah ditingkatkan. Benang tersebut berada di sebelah kiri foto Franklin. Dia berharap fitur baru ini diharapkan banyak membantu konsumen dan para pebisnis untuk bertransaksi.

Untuk informasi lebih lengkap tentang pecahan USD100, masyarakat dapat mengakses situs www.newmoney.com.

()

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini