nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Panik, USD100 Baru Tak Hanguskan yang Lama

Silvia Ramadhani, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2013 14:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 10 23 213 885676 QAumHkjVae.jpg Ilustrasi. (Foto: AFP)

JAKARTA – Masyarakat diminta tidak perlu terburu-buru menukarkan uang dolarnya dengan pecahan baru USD100. Pasalnya pecahan USD100 yang baru, tidak akan menghanguskan dolar lama yang sebelumnya telah digunakan di seluruh dunia.

"Anda tidak perlu menukar USD100 yang lama dengan yang baru. Sudah menjadi kebijakan bahwa seluruh uang dolar AS masih sah terlepas dari kapan uang itu dikeluarkan," kata Chief Cashier US Federal Reserve, Michael Lambert di Pusat Kebudayaan Amerika, Pasific Place Rabu (23/10/2013).

Michael menambahkan, kebijakan pengeluaran pecahan baru ini hanya didasarkan pada permintaan dan upaya menekan peluang pemalsuan uang. Karenanya, masyarakat tidak perlu khawatir yang berlebihan.

"Kami telah mendisain uang AS untuk selangkah lebih maju terhadap ancaman pemalsuan uang. Ini sesuai dengan kemajuan teknologi dan jumlah uang yang beredar," dia menjelaskan.

Hingga saat ini Michael mengaku, sebagian besar uang dolar lebih banyak beredar di luar Amerika. Dari total USD1,1 triliun, dua pertiganya ada di luar Amerika.

"Sekarang dua pertiga uang ini di sirkulasi di luar negara kita. Inilah yang kita pastikan aman penggunaannya," tambahnya.

Dia menyampaikan bahwa jika suatu saat uang lama habis dari peredaran, jumlahnya tidak akan melebihi 80 persen. Itu pun akan terjadi dalam jangka waktu yang sulit karena terlalu lama untuk ditentukan.

Saat ini, lanjut Michael, uang dolar masih menjadi alat tukar yang banyak diminati. "Uang tunai tetap menjadi alat tukar yang sangat berharga," ujarnya. (rez)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini